Kurikulum MTs. Ma’arif II Malangbong

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.                 LATAR BELAKANG

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian  dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Pengembangan Kurikulum MTs. Ma’arif II Malangbong Kabupaten Garut yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu, penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.

Pasal 38 ayat 2 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa : “Kurikulum pendidikan dasar dan menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah dibawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan atau kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan Provinsi untuk pendidikan menengah.”

Pasal 17 ayat 2 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa :Sekolah dan Komite Sekolah atau Madrasah dan Komite Madrasah, mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Silabusnya berdasarkan kerangka dasar Kurikulum dan Standar Kompetensi Lulusan di bawah supervisi Dinas Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab dibidang pendidikan untuk SD, SMP, SMA, dan SMK dan Departemen yang menangani urusan pemerintah dibidang agama untuk MI, MTs, MA, dan MAK.”

MTs. Ma’arif II Malangbong yang berkedudukan di Desa Bunisari Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut berada ditengah-tengah masyarakat yang agamis dan mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Untuk itu diperlukan sebuah kurikulum madrasah yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan madrasah tersebut.

Sebagaimana telah dimanatkan oleh UU 20/2003 dan PP 19/2005 itulah serta dengan memperhatikan kesesuaian  dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah tempat MTs. Ma’arif II Malangbong berada, maka disusun Kurikulum MTs. Ma’arif II Malangbong.

B.                 LANDASAN

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional:
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan:
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
  6. Peraturan Menteri Pendidkan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia 23 tahun 2006.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006.
  8. Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
  9. Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  10. Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.
  11. Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
  12. Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 423.5/Kep.674/Disdik/2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda.
  13. Pedoman Pengelolaan Satuan Pendidikan dan Kegiatan Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama.

C.                 TUJUAN PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH

Undang-Undang (UU) Republik Indonesia (RI) nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab II Pasal 3 menjelaskan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bemartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan pendidikan nasional di atas menjadi acuan dalam menentukan tujuan pendidikan pada setiap jenjang satuan pendidikan. MTs. Ma’arif II Malangbong sebagai sebuah lembaga pendidikan jenjang menengah memiliki tujuan umum meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

D.                 VISI

Terwujudnya pendidikan yang bermutu dan seimbang antara pengamalan Imtaq dan penguasaan Iptek secara adaptif, inovatif dan berkarakter Islami.

Indikator

  1. Memiliki dasar pengembangan pengetahuan IMTAQ dan IPTEK.
  2. Memiliki sikap yang baik dalam kehidupan yang merefleksikan nilai-nilai IMTAQ dan IPTEK.
  3. Memiliki keterampilan dalam pengamalan IMTAQ dan pengaplikasian IPTEK.
  4. Memiliki wawasan yang luas serta sikap yang baik dalam kehidupan lokal dan global.

E.                  MISI

  1. Mengembangkan dimensi keindividuan, dimensi kesosialan, dimensi kesusilaan, dan dimensi keberagamaan peserta didik
  2. Mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang berdasarkan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah
  3. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan dan berbuat secara efektif  dan positif dalam kehidupan lokal dan global
  4. Memiliki kesadaran dan kemampuan untuk belajar sepanjang hayat

F.                  TUJUAN MTs. MA’ARIF II MALANGBONG

Tujuan umum pendidikan di MTs. Ma’arif II Malangbong diwujudkan dalam upaya untuk pengembangan potensi kepribadian peserta didik yang meliputi :

  1. Pengembangan iman, yang diaktualkan dalam ketaqwaan kepada Alloh SWT.
  2. Pengembangan cipta, untuk mengembangkan kemampuan memenuhi kebutuhan hidup material, pengembangan kecerdasan untuk senantiasa menggali ilmu pengetahuan sepanjang hayat, dan kemampuan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan lokal dan global.
  3. Pengembangan karsa, untuk menciptakan perilaku peserta dididik yang baik (etika, akhlak, dan moral).
  4. Pengembangan rasa, untuk menciptakan peserta didik yang memiliki perasaan yang halus (apresiasi seni, persepsi seni, dan kreasi seni)
  5. Pengembangan karya, untuk menjadikan manusia yang terampil dan memiliki motivasi untuk cakap teknologi yang berhasil guna.
  6. Pengembangan hati nurani dalam rangka memberikan latihan untuk memberikan pertimbangan dalam membuat sebuah kebijakan.

Tujuan khusus dari penyelenggaraan pendidikan di MTs. Ma’arif II Malangbong adalah menyelenggarakan proses pendidikan bagi para siswa sehingga memiliki kemampuan dalam :

  1. Pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan dasar-dasar ilmu agama melalui mata pelajaran agama (Aqidah Akhlaq, Qur’an Hadits, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam) dan melalui mata pelajaran mulok Aswaja (Ahlussunnah wal jama’ah), maupun melalui kegiatan pengembangan diri bidang agama.
  2. Pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta memiliki kemampuan dan keinginan untuk melaksanakan belajar sepanjang hayat.
  4. Melaksanakan dan berbuat secara efektif
  5. Hidup bersama dan berguna bagi orang lain.
  6. Membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

G.                 STRATEGI

  1. Penataan Kelembagaan
  2. Konsolidasi Kelembagaan dan optimalisasi sumber daya pendidikan.
  3. Menjalin hubungan yang harmonis antar komponen pendidikan yang terkait.
  4. Meningkatkan pelayanan administrasi madrasah
    1. Peningkatan Mutu Madrasah
    2. Peningkatan dan pemantapan KBM
    3. Melengkapi Sarana dan Prasarana madrasah
    4. Memberdayakan MGMP dan OSIS
    5. Mengakomodasikan dan mengimplementasikan kegiatan ekstrakurikuler
    6. Mengadakan pengayaan dengan menambah jam pelajaran
    7. Meningkatkan kesejahteraan personal
    8. Pemanfaatan sumber daya lingkungan yang optimal
      1. Peningkatan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan
      2. Mengikutsertakan pendidik dan tenaga kependidikan dalam bentuk diklat/penataran
      3. Mensosialisasikan dan mengembangkan hasil diklat/penataran
      4. Meningkatkan supervisi kelas

H.                 PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus dikoordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi, dan berpedoman pada SI dan SKL serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.

KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:

1.   Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan   lingkungannya.

Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.

2.     Beragam dan terpadu

Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.

3.   Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

4.   Relevan dengan kebutuhan kehidupan

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan   melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan  kemasyarakatan, dunia usaha dan  dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi,  keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional.

5.   Menyeluruh dan berkesinambungan

Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi,   bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan.

6.   Belajar sepanjang hayat

Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal  dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.

7.  Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan  Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

 


 

 

 

 

 

 

 

BAB II
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.                 KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM

A.1.                  KELOMPOK MATA PELAJARAN DAN CAKUPANNYA

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

  1. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;

b.   kelompok mata pelajaran kewarganegaraan   dan kepribadian;

  1. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. kelompok mata pelajaran estetika;
  3. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada Tabel di bawah ini

No

Kelompok Mata Pelajaran

Cakupan

1. Agama dan Akhlak Mulia  Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2. Kewarganega-raan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4. Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

A.2.      STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Struktur kurikulum MTs. Ma’arif II malangbong Kabupaten Garut terdiri atas tiga komponen, yakni komponen mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.

Komponen muatan lokal dan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum.

Struktur kurikulum ini meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun, yakni mulai kelas VII sampai dengan kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Kurikulum ini memuat 11 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri sesuai  dengan Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
  2. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang  disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat  dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal telah ditentukan oleh madrasah.
  3. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri juga dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
  4. Substansi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
  5. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan  sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Madrasah dimungkinkan menambah maksimal 4 (empat) jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
  6. Alokasi waktu 1 (satu) jam pembelajaran adalah 40 (empat puluh) menit.
  7. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 37 minggu.

Tabel Mata Pelajaran dan Alokasi Waktu Kurikulum

MTs. Ma’arif II Malangbong

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

  1. PAI

a.  Akidah Akhlak

b.  Alquran Hadits

c.  Fiqih

d.  SKI

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

  1. PKN

2

2

2

  1. Bahasa Indonesia

4

4

4

  1. Bahasa Inggris

4

4

4

  1. Bahasa Arab

2

2

2

  1. Matematika

4

4

4

  1. IPA

4

4

4

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial

4

4

4

  1. Seni Budaya

2

2

2

  1. Pend. Jasmani, Olahraga, kesehatan

2

2

2

  1. Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

2

  1. Muatan Lokal
    1. Bahasa Sunda
    2. Aswaja

2

2

2

2

2

2

  1. Pengembangan Diri
Jumlah Jam per Minggu

42

42

42

  1. B.                 MUATAN KURIKULUM

1.         MATA PELAJARAN

1.1.      MATA PELAJARAN , TUJUAN, RUANG LINGKUP, SK, DAN KD

a.         MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

1.         Tujuan

1.1.       Al-Qur’an-Hadis

Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis MTs ini merupakan kelanjutan dan kesinambungan dengan mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis pada jenjang MI dan MA, terutama pada penekanan kemampuan membaca al-Qur’an-hadis, pemahaman surat-surat pendek, dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.

Adapun tujuan mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis adalah:

  1. Meningkatkan kecintaan siswa terhadap al-Qur’an dan hadis.
  2. Membekali siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
  3. Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih salat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca.

1.2.       Akidah-Akhlak

Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakan peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara  mempelajari tentang rukun iman mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, sampai iman kepada Qada dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Al-akhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dari era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.

Mata pelajaran Akidah-Akhlak bertujuan untuk:

  1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

1.3.       Fikih

Pembelajaran fikih  diarahkan untuk mengantarkan peserta didik dapat memahami pokok-pokok hukum Islam dan tata cara pelaksanaannya untuk diaplikasikankan dalam kehidupan sehingga  menjadi muslim yang selalu taat  menjalankan syariat Islam secara kaaffah (sempurna).

Pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat: (1) mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam fikih ibadah dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fikih muamalah. (2) Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan ibadah sosial. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosial.

1.4.       Sejarah Kebudayaan Islam

Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.  Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,  membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

  1. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
  2. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  3. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
  4. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
  5. Mengembangkan  kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

1.5.       Bahasa Arab

Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan  reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan  memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa  sebagai alat komunikasi  baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan Hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.

Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
  2. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
  3. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik  diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

2.         Ruang Lingkup

2.1.       Al-Qur’an-Hadis

Ruang lingkup mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis di Madrasah Tsanawiyah meliputi:

  1. Membaca dan menulis yang merupakan unsur penerapan ilmu tajwid.
  2. Menerjemahkan makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman, interpretasi ayat, dan hadis dalam memperkaya khazanah intelektual.
  3. Menerapkan isi kandungan ayat/hadis yang merupakan unsur pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

2.2.             Akidah-Akhlak

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:

  1. Aspek akidah terdiri atas dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah, al-asma’ al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qada Qadar.
  2. Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, ta’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur, qanaa’ah, tawaadu’, husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, berilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan remaja.
  3. Aspek akhlak tercela meliputi kufur, syirik, riya, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, giibah, fitnah, dan namiimah.

2.3.             Fikih

Ruang lingkup fikih di Madrasah Tsanawiyah meliputi ketentuan pengaturan hukum Islam dalam menjaga keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah SWT dan hubungan manusia dengan sesama manusia.  Adapun ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah meliputi :

  1. 1.                  Aspek fikih ibadah meliputi: ketentuan dan tatacara taharah, salat fardu, salat sunnah, dan salat dalam keadaan darurat,  sujud, azan dan iqamah, berzikir dan berdoa setelah salat, puasa, zakat, haji dan umrah, kurban dan akikah, makanan, perawatan jenazah, dan ziarah kubur.
  2. 2.                  Aspek fikih muamalah  meliputi: ketentuan dan hukum jual beli, qirad, riba, pinjam-  meminjam, utang piutang, gadai, dan borg serta upah.

2.4.             Sejarah Kebudayaan Islam

Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah meliputi:

  1. Pengertian dan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
  2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
  3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
  4. Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin
  5. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah
  6. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
  7. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
  8. Memahami perkembangan Islam di Indonesia

2.5.             Bahasa Arab

Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah meliputi tema-tema yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, rumah, hobi, profesi, kegiatan keagamaan, dan lingkungan.

3.         Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

  1. a.                      Al-Qur’an-Hadis

 

Kelas VII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Memahami al-Qur’an dan al-Hadis sebagai pedoman hidup
1.1      Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur’an dan al-Hadis

1.2      Menjelaskan cara-cara menfungsikan al-Qur’an dan al-Hadis

1.3      Menerapkan al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam

  1. Mencintai al-Qur’an dan al-Hadis

2.1   Menjelaskan cara mencintai al-Qur’an dan al-Hadis

 

2.2   Menjelaskan perilaku orang yang mencintai al-Qur’an dan al-Hadis

2.3   Menerapkan perilaku mencintai al-Qur’an dan al-Hadis dalam kehidupan

3      Menerapkan al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah3.1      Memahami isi kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas  tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah

3.2      Menerapkan kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas dalam kehidupan sehari-hari

 

  1. Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah

 

4.1      Menulis hadis tentang iman dan ibadah

 

4.2      Menerjemahkan makna hadis tentang iman      dan ibadah

4.3      Menghafalkan hadis tentang iman dan ibadah

4.4      Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman dan ibadah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

4.5      Menerapkan isi kandungan hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah

  

 

 

 

Kelas VII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.  Membaca al-Qur’an surat pendek pilihan 1.1   Menerapkan hukum bacaan mim sukuun dalam QS al-Bayyinah dan al-Kafirun
2.  Menerapkan al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang toleransi 2.1   Memahami isi kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang toleransi

2.2  Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah  tentang membangun kehidupan umat beragama dalam fenomena kehidupan

2.3  Menerapkan kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari

 

  1. Menerapkan al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang problematika dakwah

3.1  Memahami isi kandungan QS al-Lahab dan an-Nashrtentang problematika dakwah

 

3.2. Menerapkan kandungan QS al-Lahab dan an-Nashr dalam kehidupan sehari-hari

 

Kelas VIII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Membaca al-Qur’an surat pendek pilihan
1.1      Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, tafkhim, dan mad ‘aridh lissukun dalam al-Qur’an

1.2      Menerapkan hukum bacaan nun mati, dan mim matidalam al-Qur’an

  1. Menerapkan al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang ketentuan rezeki dari Allah

2.1      Memahami isi kandungan QS al-Quraisy dan al-Insyiraahtentang ketentuan rezeki dari Allah

 

2.2     Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Quraisy dan al-Insyiraah

tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan

2.2      Menerapkan isi kandungan QS al-Quraisy dan al-Insyiraah

tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan

  1. Menerapkan al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian sosial

3.1         Memahami isi kandungan QS al-Kautsar dan al-Maa’untentang kepedulian sosial

 

3.2         Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Kautsar dan al-Maa’untentang kepedulian sosial dalam fenomena kehidupan

  1. Memahami hadis tentang tolong- menolong dan  mencintai anak yatim

 

4.1        Menulis hadis tentang  tolong-menolong dan  mencintai anak yatim

 

4.2         Menerjemahkan makna hadis tentang tolong-menolong dan mencintai anak yatim

4.3        Menghafal hadis tentang tolong-menolong dan mencintai anak yatim

4.4        Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku tolong menolong dan mencintai anak yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

 

Kelas VIII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Membaca al-Qur’an surat pendek pilihan
1.1        Menerapkan hukum bacaan lam dan ra’ dalam QS al-Humazah dan at-Takaatsur

 

  1. Menerapkan al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang menimbun harta (serakah)

2.1         Memahami isi kandungan QS al-Humazah dan at-Takaatsur

 

2.2         Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Humazah dan at-Takaatsur tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki dalam fenomena kehidupan

2.3     Menerapkan kandungan QS al-Humazah dan at-Takaatsurdalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya

  1. Memahami hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

 

3.1   Menulis hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

 

3.2   Menerjemahkan makna hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

4.3   Menghafal hadis tentang keseimbangan hidupa di dunia dan akhirat

5.4   Menjelaskan  keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

 

Kelas IX, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Membaca al-Qur’an surat pendek

Pilihan

1.1      Menerapkan hukum mad silah dalam QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah

1.2      Menerapkan hukum mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur’an

 

  1. Menerapkan al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam

2.1      Memahami isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalahtentang hukum fenomena alam

 

2.2      Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah  tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan

2.3      Menerapkan kandungan al-Qaari’ah, al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya

 

  1. Memahami hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

 

3.1     Menulis hadis tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam

 

3.2     Menerjemahkan makna hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

3.3     Menghafal hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

3.4     Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

 

Kelas IX, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. 1.       Membaca al-Qur’an surat pendek pilihan
1.1  Menerapkan hukum bacaan mad, lam dan ra’ dalam QS al-Ashr dan al-‘Alaq

1.2  Menerapkan hukum bacaan mad laazim mukhaffaf harfi dan mutsaqqal harfi dalam al-Qur’an

 

  1. 2.       Menerapkan al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu

2.1  Memahami isi kandungan QS  al-Ashr dan   al-‘Alaqtentang menghargai waktu dan menuntut ilmu

 

2.2  Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Ashr dan al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan

2.3  Menerapkan kandungan QS al-Ashr dan al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan sehari-hari

 

  1. 3.       Memahami hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu

 

3.1  Menulis hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu

 

3.2  Menerjemahkan makna menuntut ilmu dan menghargai waktu

3.3  Menghafal hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu

3.4  Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku menuntut ilmu dan menghargai waktu dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

 

 

 

Akidah-Akhlak

 

Kelas VII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Akidah
  1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam

1.1Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam1.2Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam1.3Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan1.4Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan

 

  1. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya

2.1Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.2.2Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.2.3Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.2.4Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

 

Akhlak

  1. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah

1.1

Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat1.2Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat1.3Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan1.4Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Kelas VII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Akidah
  1. Memahami al-asma’ al-husna

1.1

Menguraikan 10 al-asma’ al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

1.2Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 al-asma’ al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

1.3Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma’ al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

1.4Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma’ al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan sehari-hari

2.2   Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat2.1

2.2

2.3

2.4Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan

Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan

Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan

Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan

 

Akhlak

3.3   Menghindari akhlak tercela kepada Allah

3.1

Menjelaskan pengertian riya’ dan nifaaq3.2Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya’ dan nifaaq3.3Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya’ dan nifaaq dalam  fenomena kehidupan3.4

Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya’ dan nifaaq dalam kehidupan sehari-hari

 

Kelas VIII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

 

Akidah

  1. 1.       Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT

 

1.1

 

Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT

 

1.2Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT1.3Menjelaskan macam-macam, fungsi, dan isi kitab Allah SWT1.4Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT

 

 

Akhlak

 

  1. 1.       Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri

 

1.1

1.2

1.3

1.4

 

 

Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah

Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah

Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan

Menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah

 

 

  1. Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri

 

 

2.1

 

Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur

2.2Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur2.3Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur2.4Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur

 

      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas VIII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

 Akidah

 

  1. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
1.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul Allah SWT
1.3 Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT 
1. 4 Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan 
  1. Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
2.1 Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
2.2 Menunjukkan hikmah adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) bagi Rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah 
 Akhlak

 

  1. Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama
1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
1.2 Mengidentifikasi bentuk dan  contoh perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
1.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam fenomena kehidupan
1.4 Membiasakan perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawundalam kehidupan sehari-hari 
2.    Menghindari akhlak tercela kepada sesama

 

2.1 Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
2.2 Mengidentifikasi bentuk perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
2.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
2.4 Membiasakan diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimahdalam kehidupan sehari-hari 

 

Kelas IX, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

 Akidah

  1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir
1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
1.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir
1.3 Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir
1.4 Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir
1.5 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir 
 Akhlak

 

  1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
1.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
1.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan
1.4 Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari 

 

Kelas IX, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

 Akidah

 

  1. Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar
1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Qada dan Qadar
1.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qada dan Qadar
1.3 Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar
1.4 Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qada dan Qadar Allah.
1.5 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Qada dan Qadar Allah 
 Akhlak

 

  1. Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
1.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
1.3 Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
1.4 Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari. 

 

Fikih

 

Kelas VII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)
1.1         Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )

1.2     Menjelaskan hadas kecil dan tatacara taharahnya

1.3     Menjelaskan hadas besar dan tatacara taharahnya

1.4     Mempraktikkan bersuci dari najis dan hadas

 

  1. Melaksanakan tatacara salat fardu dan sujud sahwi

 

2.1        Menjelaskan tatacara salat lima waktu2.2        Menghafal bacaan-bacaan salat lima waktu

2.3        Menjelaskan ketentuan waktu salat lima waktu

2.4        Menjelaskan ketentuan sujud sahwi

2.5        Mempraktikkan salat lima waktu dan sujud sahwi

 

  1. Melaksanakan tatacara azan, iqamah ,salat jamaah

 

3.1  Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah3.2   Menjelaskan  ketentuan salat berjamaah

3.3 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk

3.4 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa

3.5 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal

3.6   Mempraktikkan azan, iqamah, dan salat jamaah

 

  1. 4.    Melaksanakan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat
4.1  Menjelaskan tatacara berzikir dan berdoa setelah  salat4.2  Menghafalkan bacaan zikir dan doa setelah salat

4.3     Mempraktikkan zikir dan doa

 

 

Kelas VII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
1.1  Menjelaskan ketentuan salat dan khutbah Jumat1.2  Mempraktikkan khutbah dan salat Jumat

1.2  Menjelaskan ketentuan salat jenazah

1.3  Menghafal bacaan-bacaan salat jenazah

1.4  Mempraktikkan salat jenazah

 

2.   Melaksanakan tatacara salat jama’, qhasar, dan jama’ qasar serta salat dalam keadaan darurat 2.1 Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan  jama’ qashar2.2  Mempraktikkan salat jama’, qashar dan  jama’ qashar

2.3 Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan

2.4 Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan

 

3. Melaksanakan tatacara salat sunnah muakkad dan ghairu muakkad 3.1         Menjelaskan ketentuan salat sunnah muakkad3.2         Menjelaskan macam-macam salat sunnah muakkad

3.3         Mempraktikkan salat sunnah muakkad

3.4         Menjelaskan ketentuan salat sunnah ghairu muakkad

3.5         Menjelaskan macam-macam salat sunnah ghairu muakkad

3.6         Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad

 

Kelas VIII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Melaksanakan tata cara sujud di luar salat
1.1      Menjelaskan ketentuan sujud syukur dan tilawah1.2      Mempraktikkan sujud syukur dan

tilawah

 

  1. Melaksanakan tatacara puasa
2.1      Menjelaskan  ketentuan puasa2.2      Menjelaskan macam-macam puasa

 

  1. Melaksanakan tatacara zakat
3.1 Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan  zakat maal3.2  Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat

3.3 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan maal

 

Kelas VIII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ketentuan pengeluaran  harta di luar zakat 1.1      Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan hadiah1.2      Mempraktikkan sedekah, hibah dan hadiah
2.  Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah 2.1      Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah2.2      Menjelaskan macam-macam haji

2.3      Mempraktikkan tatacara ibadah haji dan umrah

 

  1. Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman
3.1.    Menjelaskan jenis-jenis  makanan dan minuman halal3.2.    Menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman halal

3.3.    Menjelaskan  jenis-jenis makanan dan minuman haram

3.4.    Menjelaskan bahayannya mengkonsumsi makanan dan minuman haram

3.5.    Menjelaskan jenis-jenis  binatang yang halal dan haram dimakan

    

Kelas IX, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.   Memahami tata cara penyembelihan, kurban, dan akikah 1.1     Menjelaskan ketentuan penyembelihanbinatang

1.2     Menjelaskan ketentuan kurban

1.3     Menjelaskan ketentuan akikah

1.4    Mempraktikkan tatacara kurban dan

akikah

  1.   Memahami tentang muamalah
2.1     Menjelaskan ketentuan jual beli2.2     Menjelaskan ketentuan qiradh

2.3     Menjelaskan jenis-jenis riba

2.4     Mendemonstrasikan ketentuan pelaksanaan jual beli, qiradh, dan riba

Kelas IX, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami muamalah di luar jual beli 1.1      Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam1.2      Menjelaskan ketentuan  utang piutang, gadai, dan borg

1.3      Menjelaskan ketentuan  upah

1.4      Mendemonstrasikan ketentuan tata cara pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah

2. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur 2.1      Menjelaskan  ketentuan  tentang pengurusan jenazah, takziyahdan ziarah kubur2.2      Menjelaskan ketentuan-ketentuan harta si mayat (waris)

2.3      Mempraktikkan tatacara pengurusan jenazah

 

 

Sejarah Kebudayaan Islam

 

Kelas VII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Memahami sejarah kebudayaan Islam

 

1.1         Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam1.2         Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

1.3         Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

 

  1. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah

 

2.1         Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat2.2         Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,

kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang

2.3         Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah

  1. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

 

3.1         Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan3.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang

3.3  Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah

 

 

Kelas VII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin 1.1  Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin1.2   Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang

1.3    Meneladani gaya kepemimpinan

Khulafaurrasyidin

2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah  2.1      Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah2.2      Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

2.3      Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

2.4      Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang

2.5    Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz

 

Kelas VIII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah 1.1      Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah1.2      Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

1.3      Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

1.4      Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang

1.5      Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah

 

Kelas VIII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah 2.1      Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah2.2      Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah

2.3      Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

2.4      Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang

2.5      Meneladani sikap keperwiraan Shalahuddin al-Ayyubi

 

 

Kelas IX, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia 1.1      Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran1.2      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi

1.3      Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia

1.4      Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

 

Kelas IX, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara  1.1     Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam1.2     Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara

 

 

 

 

 

Bahasa Arab

 

Kelas VII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak 

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah. 

 

1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:التعارف – المدرسة
1.2   Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :التعارف –  المدرسة
1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:التعارف  – المدرسة
2. Berbicara 

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah

 

2.1         Melakukan dialog sederhana tentangالتعارف –  المدرسة
2.6         Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:التعارف –  المدرسة
3. Membaca 

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah

 

3.1  Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:التعارف –  المدرسة
              Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimatwacana tertulis sederhana tentang:

التعارف –  المدرسة

              Menemukan makna, gagasan atau pikirandari wacana tertulis sederhana tentang:

التعارف –  المدرسة

4. Menulis 

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan dan lingkungan madrasah

 

4.1    Menulis kata, frasa, kalimat sederhana

tentang

التعارف –  المدرسة

4.2         Mengungkapkan informasi dan gagasan secaraertulis dalam kalimat sederhana tentang

التعارف المدرسة

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat(مبتدأ + خبر ), dengan مبتدأ  yang meliputi: (ضمير مفرد، إشارة مفرد) dan خبر yang meliputi kata sifat, termasuk warna dan

أدوات جرّ

Kelas VII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. MenyimakMemahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.

 

1.1     Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:البيت –  الأسرة  –  العنوان

 

1.3            Menemukan informasi dari wacana lisansederhana tentang :

البيت –  الأسرة  –  العنوان

1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:البيت –  الأسرة  –  العنوان
2. BerbicaraMengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal

 

2.1    Melakukan dialog sederhana tentangالبيت –  الأسرة  –  العنوان
2.2      Menyampaikan informasi secara lisandalam kalimat sederhana tentang:

البيت –  الأسرة  –  العنوان

  1. 3.   Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal

3.1  Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:البيت –  الأسرة  –  العنوان
  3.2  Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimatwacana tertulis sederhana tentang:

البيت –  الأسرة  –  العنوان

  3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikirandari wacana tertulis sederhana tentang:

البيت –  الأسرة  –  العنوان

  1. 4.   Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal

4.1  Menulis kata, frasa, kalimat sederhanatentang:

البيت –  الأسرة  –  العنوان

4.3      Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:البيت –  الأسرة  –  العنوان
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :خبر مقدم –  مبتدأ مؤخر  –  نعت  –  خبر (فعل مضارع للمفرد) –  عدد (رقم) : 1 –  100

 

Kelas VIII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. MenyimakMemahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah

 

1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:الساعة  –  النشاطات في المدرسة  –  النشاطات في البيت

 1.2   Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :

الساعة  –  النشاطات في المدرسة  –  النشاطات في البيت

1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:

الساعة  –  النشاطات في المدرسة  –  النشاطات في البيت  

2. BerbicaraMengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 2.1   Melakukan dialog sederhana tentangالساعة  –  النشاطات في المدرسة  –  النشاطات في البيت    
2.3    Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:

الساعة  –  النشاطات في المدرسة  –  النشاطات في البيت 

3. MembacaMemahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:الساعة  –  النشاطات في المدرسة  –  النشاطات في البيت    
3.2  Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:الساعة  –  النشاطات في المدرسة  –  النشاطات في البيت    

 

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:الساعة  –  النشاطات في المدرسة  –  النشاطات في البيت

   

4. MenulisMengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang:الساعة  –  النشاطات في المدرسة  –  النشاطات في البيت    
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat:جملة اسميةمفعول بهجملة فعلية

 

    

 

 

 

 

 

Kelas VIII, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. MenyimakMemahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi

 

1.1   Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:الهواية  –   المهنة  
1.2   Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :الهواية  –   المهنة    
1.1   Melakukan dialog sederhana tentang:الهواية  –   المهنة    
1.2  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:االهواية  –   المهنة   
2. MembacaMemahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi

 

3.1    Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan  benar tentang:الهواية  –   المهنة    
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:الهواية  –   المهنة 

 

3.3  Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:الهواية  –   المهنة    
3. MenulisMengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi 3.1  Menulis kata, frasa, kalimat sederhanatentang:

الهواية  –   المهنة    

                        Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:الهواية  –   المهنة    
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :( أن ، لن ، لـ ) + فعل مضارع   –  فعل مضارع + مصدر مؤول

 

 

 

 

 

Kelas IX, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. MenyimakMemahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan

 

1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:المناسبات الدينية  
1.2  Menemukan informasi dari wacana lisansederhana tentang :

المناسبات الدينية    

1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:المناسبات الدينية    
2. BerbicaraMengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan 2.1    Melakukan dialog sederhana tentangالمناسبات الدينية
2.2   Menyampaikan  informasi  secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:المناسبات الدينية
3. MembacaMemahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan 3.1. Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:المناسبات الدينية
3.2  Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimatwacana tertulis sederhana tentang:

المناسبات الدينية

3.3  Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:المناسبات الدينية
4. MenulisMengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang upacara-upacara keagamaan 4.1  Menulis kata, frasa, kalimat sederhanatentang :

المناسبات الدينية

4.2Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:المناسبات الدينية
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :لا الناهية – لم – الفعل الماضي في الجملة الفعلية

 

Kelas IX, Semester 2

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. MenyimakMemahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata

 

1.1   Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

 

1.2  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

    

2. BerbicaraMengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata

 

2.1.  Melakukan dialog sederhana tentang :

السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

2.2  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

 

3. MembacaMemahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata 3.1  Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:

السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

3.2  Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat

wacana tertulis sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

 

4. MenulisMengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang berwisata. 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana

tentang:

السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

 

4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

    

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :المجرد والمزيد  – فعل الأمر –  اسم التفضيل – الموصول

 

B.         MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN  (PKn)

1.         Tujuan

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
  2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
  3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
  4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

2.                     Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan negara,  Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan
  2. Norma, hukum dan peraturan, meliputi:  Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim hukum  dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional
  3. Hak asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anak,  Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
  4. Kebutuhan  warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara
  5. Konstitusi Negara meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama,  Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di  Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi
  6. Kekuasan dan Politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi, Pemerintah pusat,  Demokrasi dan sistem politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi
  7. Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka.
  8. Globalisasi meliputi: Globalisasi di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional,  dan Mengevaluasi globalisasi.
  9. 2.         Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.  Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara 1.1  Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat,  peraturan,  yang berlaku dalam masyarakat1.2  Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warganegara

1.3   Menerapkan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

  1. Mendeskripsikan makna Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama

 

2.1  Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan2.2  Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi  pertama

2.3  Menganalisis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945

2.4  Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama

 

Kelas VII, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) 3.1  Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM3.2  Mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM

3.3  Menghargai upaya perlindungan HAM

3.4  Menghargai upaya penegakan HAM

4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat 4.1  Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat4.2  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

4.3  Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

 

Kelas VIII, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila 1.1  Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara1.2  Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara

1.3  Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

1.4  Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyakat

2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia 2.1  Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia2.2  Menganalisis penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia

2.3  Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945

2.4  Menampilkan sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen

3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional 3.1  Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional3.2  Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional

3.3  Mentaati peraturan perundang-undangan nasional

3.4  Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

3.5  Mendeskripsikan pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia

Kelas VIII, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan 4.1  Menjelaskan hakikat demokrasi4.2  Menjelaskan pentingnya kehidupan demokratis dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

4.3  Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan

5. Memahami kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan di Indonesia 5.1  Menjelaskan makna kedaulatan rakyat5.2  Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat

5.3  Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia

Kelas IX, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara 1.1  Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara1.2  Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara

1.3  Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara

2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah 2.1  Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah2.2  Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah

 

Kelas IX, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara 3.1  Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia3.2  Mendeskripsikan politik luar negeri   dalam hubungan internasional di era global

3.3  Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

3.4  Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi

4. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa 4.1 Menjelaskan  pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan

4.3 Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

 

C.        MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

  1. 1.                  Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
  2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
  3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
  4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
  5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
  6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
  1. 2.                  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Mendengarkan
  2. Berbicara
  3. Membaca
  4. Menulis.

Pada akhir pendidikan di SMP, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.

  1. 3.                   Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas  VII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan
  1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1  Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat

1.2   Menuliskan kembali berita yang dibacakan      ke dalam beberapa kalimat

Berbicara

  1. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
2.1  Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif

2.2   Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana

Membaca

  1. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1  Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai

3.2  Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit

3.3   Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi

 

4.1  Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar

4.2  Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa

4.3   Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar

Mendengarkan

  1. Mengapresiasi  dongeng yang  diperdengarkan

 

5.1  Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan

5.2   Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

Berbicara

  1. Mengeskpresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1  Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

6.2  Bercerita dengan alat peraga

Membaca

  1. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan  membaca
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca

7.2   Mengomentari buku cerita yang dibaca

 

Menulis

  1. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui  pantun dan dongeng
8.1  Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun

8.2   Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang  pernah dibaca atau didengar

 

 

 

 

 

 

Kelas VII, Semester  2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara
9.1  Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan     seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara

9.2  Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon
10.1  Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai

10.2  Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun

Membaca

  1. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
11.1  Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani  dari buku biografi yang dibaca secara intensif

11.2    Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca

11.3    Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca

Menulis

  1. Mengungkapkan berbagai informasi   dalam bentuk narasi dan  pesan singkat
12.1  Mengubah  teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung

12.2  Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun

Mendengarkan

  1. Memahami pembacaan puisi
13.1  Menanggapi cara pembacaan puisi

13.2    Merefleksi isi puisi yang  dibacakan

 

Berbicara

  1. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
14.1  Menanggapi cara pembacaan cerpen

14.2    Menjelaskan  hubungan  latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial

Membaca

  1. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
15.1  Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi

15.2    Menemukan  realitas kehidupan  anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan

 

Menulis

  1. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui  kegiatan  menulis kreatif puisi
16.1  Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam

16.2  Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami

 

Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
1.1 Menganalisis laporan

1.2  Menanggapi isi laporan

Berbicara

  1. Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara  dan presentasi laporan
2.1    Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara

Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar

Membaca

  1. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat

 

3.1    Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai

Menemukan  tempat  atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang  tertera pada denah

Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit

Menulis

  1. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan  petunjuk
4.1    Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

4.2    Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku

4.3    Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif

Mendengarkan

  1. Mengapresiasi   pementasan drama
5.1    Menanggapi unsur pementasan drama

5.2  Mengevaluasi pemeran tokoh dalam  pementasan drama

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran dan  perasaan dengan bermain peran
6.1    Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa

1.2.      Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa

Membaca

  1. Memahami  teks drama dan novel remaja
7.1    Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama

7.2   Membuat sinopsis novel remaja Indonesia

Menulis

  1. Mengungkapkan  pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis  kreatif naskah drama
8.1    Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan     memperhatikan keaslian ide

8.2.       Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan       memperhatikan kaidah penulisan naskah drama

Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami isi berita dari radio/televisi
9.1    Menemukan  pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton  melalui radio/televisi

Mengemukakan kembali berita yang didengar/ ditonton  melalui radio/televisi

Berbicara

  1. Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan   diskusi dan protokoler
10.1  Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan  pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan

Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun

Membaca

  1. Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca  nyaring
11.1  Menemukan  masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif

11.2  Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif

11.3  Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas

Menulis

  1. Mengungkapkan informasi dalam bentuk  rangkuman, teks berita, slogan/poster
12.1  Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer

12.2  Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas

12.3  Menulis slogan/poster untuk berbagai  keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif

Mendengarkan

  1. Memahami unsur intrinsik novel  remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.1  Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja         (asli atau terjemahan) yang dibacakan

Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan

Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan

Berbicara

  1. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)

14.2  Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)

Membaca

  1. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
15.1  Menjelaskan  alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)

15.2  Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas
16.1  Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai

16.2  Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan

 

Kelas IX,  Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami dialog interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio
1.1    Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio

1.2    Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran  radio

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
2.1    Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun

2,2, Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas

Membaca

  1. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
3.1    Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif

3.2    Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku   melalui kegiatan membaca memindai

Menulis

  1. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,  resensi, dan karangan

 

4.1    Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas

4.2    Meresensi buku pengetahuan

4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana

Mendengarkan

  1. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair
5.1        Menemukan tema dan pesan  syair yang diperdengarkan

5.2        Menganalisis unsur-unsur  syair yang diperdengarkan

Berbicara

  1. Mengungkapkan kembali  cerpen dan puisi  dalam bentuk yang lain
6.1    Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen

6.2  Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi

dan suasana/irama yang dibangun

Membaca

  1. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
1.1        Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen

1.2        Menganalisis nilai-nilai kehidupan  pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen

Menulis

  1. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman  dalam  cerita pendek
1.1        Menuliskan kembali  dengan kalimat sendiri  cerita pendek yang pernah dibaca

1.2        Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

Kelas   IX,  Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami isi  pidato/khotbah/ceramah
9.1    Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar

9.2. Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah

Berbicara

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dalam pidato dan diskusi
10.1  Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas

10.2. Menerapkan prinsip-prinsip diskusi

Membaca

  1. Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat
11.1  Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan  buku melalui kegiatan membaca ekstensif

11.2  Mengubah sajian grafik, tabel,  atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif

11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat  ± 200 kata per menit

Menulis

  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk  karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca

 

12.1  Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber

12.2  Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif

12.3  Menulis  surat pembaca tentang lingkungan sekolah

Mendengarkan

  1. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel
13.1   Menerangkan  sifat-sifat tokoh dari kutipan  novel yang dibacakan

13.2   Menjelaskan  alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan

13.3

 

Berbicara

  1. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama
14.1  Membahas pementasan  drama yang ditulis siswa

14.2   Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh siswa

Membaca

  1. Memahami novel dari berbagai angkatan
15.1   Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan  20-30 an

15.2   Membandingkan karakteristik  novel angkatan  20-30 an

Menulis

  1. Menulis naskah drama
16.1  Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca

16.2   Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata

D.  MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

1.  Tujuan

Mata Pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
  2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
    1. Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
2.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris meliputi:

  1. kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
  2. kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
  3. kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

3.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

       Mendengarkan

  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang

1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

  1. Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.1   Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat2.2   Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
       Berbicara

  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima

3.2   Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang

3.3   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.

  1.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

4.1   Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat4.2   Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
      Membaca

  1. Memahami  makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
5.1   Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

5.2   Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat  

      Menulis

  1. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional  pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

6.1   Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

6.2   Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Kelas VII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

7.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  yang melibatkan tindak tutur:  meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta

7.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat , menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal

  1. Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan  monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

8.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat8.2   Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

 

Berbicara

  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan  interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
9.1    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat  yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta dan memberi fakta

9.2    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal

  1. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.1  Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat10.2  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Membaca

  1. Memahami  makna teks tulis fungsional dan  esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

 

11.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek  sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

11.2    Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

 

11.3    Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima

Menulis

  1. Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
12.1    Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

12.2    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

1.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

1.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat

  1. Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar2.2   Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Berbicara

  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

3.2. Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat

  1. Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
1.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar1.2   Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Membaca

  1. Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

 

5.1    Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

5.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

5.3. Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Menulis

  1. Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
1.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

1.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount

Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

7.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu

7.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon

  1. Memahami   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar8.2   Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
Berbicara

  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

9.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu

9.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon

10     Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 10.1   Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar10.2   Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative
Membaca11     Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

 

11.1   Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.2   Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.3   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative

Menulis12     Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar 12.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

12.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative

 

Kelas IX,  Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

1.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan

1.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman

  1. Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari2.2   Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

 

Berbicara

  1. Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan

3.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman 

  1. Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
4.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari4.2   Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Membaca

  1. Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
5.1   Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima

5.2   Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

5.3   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

Menulis

  1. Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
6.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

6.2   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

 

Kelas IX, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Mendengarkan

  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

 

7.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan

7.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita

  1. Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari
8.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari8.2   Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report   

 

Berbicara9         Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari 9.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan

9.2   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita                

10     Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari 10.1        Mengungkapkan makna dalam  teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari10.2        Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report

 

 Membaca

11     Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

11.1        Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

11.2        Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

11.3        Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

Menulis12     Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk    narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari 12.1        Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

12.2        Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

 

 

E.  MATA PELAJARAN MATEMATIKA

1.       Tujuan

Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
  2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika
  3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
  4. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
  5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

2.       Ruang Lingkup

Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SMP/MTs meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Bilangan
  2. Aljabar
  3. Geometri dan Pengukuran
  4. Statistika dan Peluang.

3.       Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII,  Semester 1

Standar Kompetensi

Komptensi Dasar

Bilangan1.  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah 1.1    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

1.2    Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah

Aljabar2.  Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 2.1   Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya

2.2   Melakukan operasi pada bentuk aljabar

2.3   Menyelesaikan persamaan linear satu variabel

2.4   Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel

3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah 3.1. Membuat model matematika dari masalah  yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel3.2. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

3.3. Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana

3.4. Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

Kelas VII,  Semester 2

Standar Kompetensi

Komptensi Dasar

Aljabar

  1. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah

 

1.1   Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya1.2   Memahami konsep himpunan bagian

1.3   Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan

1.4   Menyajikan himpunan dengan diagram Venn

1.5   Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

Geometri

  1. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya

 

5.1       Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut

5.2       Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

5.3       Melukis sudut

5.4       Membagi sudut

6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang

6.3  Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

6.4   Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

 

Kelas VIII,  Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Aljabar1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

 

1.1 Melakukan operasi aljabar

1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

1.3 Memahami relasi dan fungsi

1.4 Menentukan nilai fungsi

1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius

1.6 Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus

2. Memahami sistem persa-maan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah 2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel2.2 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel

2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya

Geometri dan Pengukuran3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah 3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku

3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras

 

 

Kelas VIII,  Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Geometri dan Pengukuran4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya

 

4.1 Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran

4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran

4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah

4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran

4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga

5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya 5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas

5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas

 

 

 

Kelas IX,  Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Geometri dan Pengukuran1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah 1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen

1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah

2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya 2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola

2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola

Statistika dan Peluang3. Melakukan pengolahan dan penyajian data 3.1    Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya

3.2    Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran

4. Memahami peluang kejadian sederhana 4.1    Menentukan ruang sampel suatu percobaanMenentukan peluang suatu kejadian sederhana

 

Kelas IX,  Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Bilangan5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana 5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar

5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

5.3 Memecahkan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar

6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah  6.1 Menentukan pola barisan bilangan sederhana6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri

6.3   Menentukan jmlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri

6.4   Memcahkan masalah yang berkaitan engan barisan dan deret

 

F.   MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

  1. 1.       Tujuan

Mata pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
  2. Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
  3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
  4. Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak  ilmiah serta berkomunikasi
  5. Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
  6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
  7. Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang selanjutnya.
  8. 2.       Ruang Lingkup

Bahan kajian IPA meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
  2. Materi dan Sifatnya
  3. Energi dan Perubahannya
  4. Bumi dan Alam Semesta
  5. 3.       Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas  VII,  Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.  Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan 1.1   Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya1.2   Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

1.3   Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

2.  Memahami klasifikasi zat 2.1  Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat2.2  Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

2.3  Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

2.4  Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran

3.  Memahami wujud zat dan perubahannya 3.1  Menyelidiki sifat-sifat  zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari3.2  Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

3.3  Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

3.4  Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.  Memahami berbagai sifat  dalam perubahan fisika dan kimia 4.1  Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat4.2  Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

4.3  Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana

4.4  Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana

Kelas   VII,   Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan 5.1   Melaksanakan pengamatan objek  secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
5.2  Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan  dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari5.3  Menggunakan mikroskop dan peralatan  pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

5.4  Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

6. Memahami keanekara-gaman makhluk hidup 6.1  Mengidentifikasi ciri­-ciri makhluk hidup6.2  Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki

6.3  Mendeskripsikan  keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme

7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem 7.1  Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem7.2  Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem

7.3  Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan

7.4  Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia  1.1   Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup1.2   Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia

1.3   Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

1.4   Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan

1.5   Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

1.6   Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan  2.1   Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan  tumbuhan2.2   Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau

2.3   Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan

2.4   Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

3. Menjelaskan konsep partikel materi 3.1   Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul3.2   Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari

3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa

4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan 4.1   Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari4.2   Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia

4.3   Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan

4.4   Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika

4.5   Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika

 

Kelas   VIII,  Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

5.   Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari  5.1     Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya5.2     Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

5.3     Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

5.4     Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

5.5  Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

6.  Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari 6.1  Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya6.2  Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari

6.3  Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa

6.4  Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kelas IX,   Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.  Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia 1.1   Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan1.2   Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia

1.3   Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup 2.1   Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan2.2   Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup

2.3   Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.

2.4   Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 3.1  Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

3.3  Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

3.4  Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

 

Kelas IX,  Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 4.1  Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet4.2  Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi

4.3  Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik

5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya 5.1  Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet

5.3  Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya

5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait denganperubahan zat dan kalor

5.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

G.   MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

  1.  Tujuan
  2. Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
  3. Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya
  4. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
  5. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
  6. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
  7. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Manusia, Tempat, dan Lingkungan
  2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
  3. Sistem Sosial dan Budaya
  4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan

3.       Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Memahami lingkungan kehidupan manusia 1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan1.2 Mendeskripsikan  kehidupan  pada  masa  pra-aksara di Indonesia
2. Memahami kehidupan sosial manusia  2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian

2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk  interaksi sosial

2.4 Menguraikan proses interaksi sosial

3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan 3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi  berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas VII, Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

4. Memahami usaha manusia untuk mengenali  perkembangan lingkungannya  4.1 Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi

4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk

4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan

5.Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa  5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha, serta peninggalan-peninggalannya5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya

5.3  Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa

6.   Memahami kegiatan ekonomi masyarakat 6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa

6.3 Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi

6.4 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

Kelas VIII, Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.   Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk  1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya

1.3  Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan

1.4 Mendeskripsikan permasalahan  kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan

2. Memahami proses kebangkitan nasional  2.1   Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah2.2   Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
3. Memahami masalah penyimpangan sosial 3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat3.2 Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat 4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas4.2 Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan,  koperasi, dan negara

4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat

Kelas VIII, Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan 5.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia5.2  Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia
6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial  6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial6.2  Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

6.3 Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial

7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia 7.1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia

7.3  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional

7.4  Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta  terbentuknya harga pasar

Kelas IX,  Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1.   Memahami kondisi perkembangan negara di dunia  1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju1.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
2. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan  2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia2.2  Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
3. Memahami perubahan sosial budaya  3.1 Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat3.2  Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
4. Memahami lembaga    keuangan dan perdagangan     internasional 4.1   Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan4.2   Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
Kelas IX,  Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

5.   Memahami hubungan manusia dengan bumi  5.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola  muka bumi5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan  penduduk di kawasan Asia Tenggara

5.3 Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera

6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia  6.1 Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut  Irian Barat6.2 Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII,  G 30 S/PKI  dan konflik-konflik internal lainnya
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional 7.1 Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi7.2 Menguraikan perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional

7.3 Menguraikan  perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global

7.4 Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi

7.5 Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia

H.   MATA PELAJARAN SENI BUDAYA

  1. 1.       Tujuan

Mata pelajaran Seni Budaya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

a. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya

b. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya

c. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya

d. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

  1. 2.       Ruang Lingkup

Mata pelajaran Seni Budaya meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
  2. Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
  3. Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
  4. Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang  pementasannya memadukan unsur seni musik, seni tari dan seni peran.

Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya.

  1. 3.       Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi dasar

Seni Rupa

1. Mengapresiasi karya seni rupa

 

Mengidentifikasi  jenis karya seni rupa terapan daerah setempat

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 2.1   Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat2.2    Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

2.3   Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

Seni Musik3. Mengapresiasi karya seni musik 3.1 Mengidentifikasi  jenis lagu daerah setempat

3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu  daerah setempat

4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 4.1     Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat4.2     Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat
Seni Tari5. Mengapresiasi karya seni tari 5.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni tari tunggal daerah setempat5.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari tunggal daerah setempat
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari 6.1 Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal daerah setempat6.2  Memeragakan tari tunggal  daerah setempat
Seni Teater7. Mengapresiasi karya seni teater 7.1     Jenis karya seni teater daerah setempat7.2     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater daerah setempat
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 8.1 Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara8.2 Merancang pertunjukan teater daerah setempat

8.3 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater

Keterangan:

Seni rupa terapan: Seni rupa yang memiliki fungsi praktis meliputi desain, dan seni kriya.

Kelas VII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Seni Rupa9. Mengapresiasi karya seni rupa 9.1  Mengidentifikasi  jenis karya seni rupa terapan daerah setempat9.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 10.1 Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa  terapan tiga dimensi dari daerah setempat10.2 Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat

10.3    Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah

10.4    Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah

Seni Musik11.  Mengapresiasi karya seni musik 11.1      Mengidentifikasi  ragam musik daerah setempat11.2      Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik daerah setempat
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 12.1  Mengaransir secara  sederhana lagu daerah setempat12.2 Menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas
Seni Tari13. Mengapresiasi karya seni tari 13.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni tari berpasangan/kelompok daerah setempat13.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
14. Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari 14.1  Mengeksplorasi pola lantai gerak tari  berpasangan/ kelompok daerah setempat14.2  Memeragakan tari tunggal  dan berpasangan/ kelompok daerah setempat
Seni Teater15. Mengapresiasi karya seni teater 15.1  Mengidentifikasi  jenis karya seni teater daerah setempat15.2  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater daerah setempat
16. Mengekspresikan diri melalui  karya seni teater 16.1        Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara16.2        Merancang pertunjukan teater daerah setempat

16.3  Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater

16.4 Menyiapkan pertunjukan  teater daerah setempat di sekolah

16.5  Menggelar pertunjukan  teater daerah setempat di sekolah

Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Seni Rupa

  1. Mengapresiasi  karya seni rupa

 

1.1     Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara

1.2     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara

2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 2.1  Merancang karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara2.3   Membuat karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara

 

Seni Musik3. Mengapresiasi karya seni musik

 

 

3.1     Mengidentifikasi  jenis lagu Nusantara

3.2     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu Nusantara

4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 4.1     Mengaransir secara sederhana lagu Nusantara dalam bentuk ansambel4.2     Menampilkan hasil aransemen lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
Seni Tari5. Mengapresiasi karya seni tari 5.1     Mengidentifikasi  jenis karya seni tari tunggal  Nusantara

5.2     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari tunggal Nusantara

6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari 1.1       Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal Nusantara1.2       Memeragakan tari tunggal Nusantara
Seni Teater7. Mengapresiasi karya seni teater 7.1     Mengidentifikasi  jenis karya seni teater Nusantara

7.2     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater Nusantara

8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 8.1     Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara8.2     Merancang pertunjukan teater Nusantara

8.3     Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater

8.4     Menggelar pertunjukan teater Nusantara

Keterangan

Teater Nusantara: Teater yang tumbuh dan berkembang di wilayah Nusantara.

 

Kelas VIII, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Seni Rupa
9. Mengapresiasi  karya seni rupa 9.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan Nusantara
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 10.1 Membuat  karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
10.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni grafis
10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
10.4 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
11. Seni MusikMengapresiasi karya seni musik 11.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni musik tradisional Nusantara
11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik tradisional Nusantara
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 12.1 Mengaransir secara sederhana lagu tradisi Nusantara
12.2 Menyiapkan seni musik tradisional Nusantara  untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok di kelas atau sekolah
12.3 Menyajikan karya seni musik tradisional Nusantara  secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah
Seni Tari
13. Mengapresiasi karya seni tari 13.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni tari berpasangan/kelompok Nusantara
13.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari berpasangan Nusantara
14. Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari 14.1 Mengeksplorasi pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok Nusantara
14.2 Menyiapkan pementasan tari berpasangan/kelompok Nusantara
14.3 Mementaskan tari berpasangan/kelompok Nusantara
Seni Teater
15. Mengapresiasi karya seni teater 15.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater Nusantara
15.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater 16.1 Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
16.2 Merancang pertunjukan teater Nusantara
16.3 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
16.4 Menyiapkan pertunjukan teater Nusantara di sekolah
16.5 Menggelar pertunjukan  teater Nusantara di sekolah

 

Kelas IX,  Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Seni Rupa
1. Mengapresiasi karya seni rupa 1.1 Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat
2. Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa 2.1 Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
2.2 Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
  Seni Musik
3. Mengapresiasi karya seni musik 3.1 Mengidentifikasi  lagu mancanegara di Asia
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu mancanegara di Asia
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni music  4.1 Mengaransir lagu mancanegara di Asia
4.2 Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia
Seni Tari
5. Mengapresiasi karya seni tari 5.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni tari Mancanegara di Asia
5.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari Mancanegara di Asia
6. Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari 6.1 Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari Nusantara
6.2 Menampilkan tari kreasi berdasarkan tari Nusantara
Seni Teater
7. Mengapresiasi karya seni teater 7.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater tradisional dan modern mancanegara di Asia
7.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater mancanegara di Asia
8. Mengekspresikan karya seni teater 8.1 Merancang pertunjukan teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di Asia
8.2 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater

Keterangan

Teater Kreatif: Teater yang dikembangkan berdasarkan gagasan baru yang tidak mengikuti begitu saja teater yang sudah mentradisi.

 

Kelas IX,  Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Seni Rupa
9. Mengapresiasi karya seni rupa 9.1 Mengidentifikasi karya seni rupa murni yang diciptakan di Indonesia
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia
10. Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa 10.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari  beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
10.2 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
10.3 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar sekolah.
Seni Musik
11. Mengapresiasi karya seni musik 11.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni musik mancanegara di luar Asia
11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik mancanegara di luar Asia
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 12.1 Mengaransir lagu mancanegara
12.2 Menyiapkan karya seni musik mancanegara untuk disajikan secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di sekolah
12.3 Menampilkan karya seni musik mancanegara secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di sekolah
Seni Tari
13. Mengapresiasi karya seni tari 13.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni tari mancanegara di luar Asia
13.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari mancanegara di luar Asia
14. Mengekspresikan diri melalui seni tari 14.1 Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara di luar Asia
14.2 Menciptakan tari kreasi berdasarkan tari  mancanegara di luar Asia
14.3 Menyiapkan pertunjukan  tari di sekolah
14.4 Menggelar pertunjukan  tari di sekolah
Seni Teater
15. Mengapresiasi karya seni teater 15.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater tradisional dan  modern mancanegara di luar Asia
15.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater mancanegara di luar Asia 
16. Mengekspresikan diri melalui  karya seni teater 16.1 Merancang pertunjukan  teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di luar Asia
16.2 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
16.3 Menyiapkan pertunjukan karya teater kreatif di sekolah
16.4 Menggelar pertunjukan karya teater kreatif yang diciptakan di sekolah

J.         MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PENJASKES)

  1. 1.       Tujuan

Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
  2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
  3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
  4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
  5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
  6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
  7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
  8. 2.       Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan  Kesehatan adalah sebagai berikut.

  1. Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
  2. Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
  3. Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
  4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
  5. Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air,  dan renang serta aktivitas lainnya
  6. Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
  7. Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur  waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan  P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
  1. 3.       Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas  VII, Semester     1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik , serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

1.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar  atletik  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan. **)

1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri dengan koordinasi yang baik  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
2. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 2.1  Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan daya tahan otot  serta nilai disiplin dan tanggung jawab2.2 Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru , serta nilai disiplin dan tanggung jawab

 

3. Mempraktikkan senam dasar dengan teknik  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 3.1 Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki , serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab3.2 Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki  serta nilai disiplin, keberanian dan  tanggung jawab
4   Mempraktikkan senam irama tanpa alat , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 4.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama , serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama , serta nilai kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesan

 

5.  Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya dada , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)  5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan5.2  Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

5.3 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan, dan pernapasan gaya dada  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

6.  Mempraktikkan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***) 6.1  Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktikkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolah secara beregu , serta nilai kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa6.2 Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan  serta nilai kerja sama, tanggung jawab dan tenggang rasa
7. Menerapkan budaya hidup sehat 7.1 Memahami pola makan sehat7.2 Memahami perlunya keseimbangan gizi

Kelas VII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

8.  Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 8.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola besar beregu lanjutan  serta nilai kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian**)8.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola kecil beregu dan perorangan , serta nilai kerjasama, kejujuran, dan menghormati lawan**)

8.3 Mempraktikkan teknik dasar perorangan lanjutan atletik , serta nilai disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran**)

8.4 Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga perorangan beladiri lanjutan  serta nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan**)

9.  Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 9.1  Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan dan keseimbangan  serta nilai disiplin dan tanggung jawab9.2 Mempraktikkan jenis latihan kecepatan dan kelincahan   serta nilai disiplin dan tanggung jawab
10. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 10.1 Mempraktikkan teknik dasar gerak guling depan  serta nilai kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab10.2 Mempraktikkan teknik dasar guling belakang  serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab
11. Mempraktikkan senam irama tanpa alat  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 11.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat gerak mengayun dua lengan mengikuti irama , serta nilai disiplin, estetika  toleransi dan keluwesan11.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat  dengan melangkah dan mengayun , serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
12. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas , dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)  12.1 Mempraktikkan koordinasi gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan12.2  Mempraktikkan koordinasi gerakan lengan dan pernapasan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

12.3  Mempraktikkan koordinasi renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

13. Menerapkan budaya hidup sehat 13.1 Memahami berbagai penyakit menular seksual (PMS)13.2 Memahami cara menghindari penyakit menular seksual

Kelas VIII, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya  1.1 Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)1.2  Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

1.3 Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

1.4 Mempraktikkan teknik dasar salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
2.  Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 2.1  Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian atas dengan sistem sirkuit  serta nilai disiplin dan tanggung jawab2.2  Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggauta badan bagian bawah dengan sistem sirkuit  serta nilai disiplin dan tanggung jawab
3.  Mempraktikkan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 3.1 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai meroda berdasarkan konsep yang serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai guling lenting  serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
4.  Mempraktikkan senam irama dengan alat  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya  4.1  Mempraktikkan teknik dasar senam irama menggunakan tongkat atau simpai dengan gerakan mengayun dan memutar ke berbagai arah  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika4.2  Mempraktikkan kombinasi gerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak melangkah  serta nilai disiplin,toleransi, keluwesan gerak, dan estetika
5. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)  5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

6. Menerapkan budaya hidup sehat 6.1 Mengenal bahaya seks bebas6.2 Menolak budaya seks bebas

 

Kelas VIII, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

7. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan mlai-nilai yang terkandung di dalamnya  7.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
7.2  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)7.3  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik  serta nilai  percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

7.4  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)

8. Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 8.1  Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian atas  serta nilai disiplin dan  tanggung jawab8.2 Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian bawah  serta nilai disiplin dan tanggung jawab
9. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 9.1  Mempraktikkan rangkaian teknik dasar gerak meroda dan guling depan  serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab9.2  Mempraktikkan rangkaian teknik dasar   guling depan dan guling lenting  serta nilai disiplin, keberanian dan  tanggung jawab.
10. Mempraktikkan senam irama dengan alat  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 10.1 Mempraktikkan variasi gerakan mengayun ke berbagai arah  serta nilai disiplin, toleransi  dan keluwesan gerak10.2 Mempraktikkan variasi gerakan memutar ke berbagai arah  serta nilai disiplin, toleransi dan keluwesan
11. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya dada  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*) 11.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur lanjutan, gerakan kaki dan lengan renang gaya dada dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan11.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar pernapasan renang gaya dada  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
12. Mempraktikkan penjelajahan di sekitar sekolah  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***) 12.1 Mendiskripsikan perencanaan kegiatan penjelajahan secara sederhana12.2  Mempraktikkan keterampilan penjelajahan di sekitar sekolah  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan
13. Menerapkan budaya hidup sehat 13.1 Memahami berbagai penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat13.2 Memahami cara menghindari penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas IX, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi dasar

1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga  serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya  1.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan konsisten   serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan dan bersedia berbagi tempat dan peralatan**)1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan konsisten  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

1.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan konsisten  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)

 

2.  Mempraktikkan jenis latihan beban dengan alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan2.2  Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana  serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

 

3.  Mempraktikkan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan3.2  Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika
4. Mempraktikkan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya  4.1 Mempraktikkan rangkaian  aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika4.2  Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika
5.  Mempraktikkan teknik dasar renang gaya punggung  dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya*)  5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan5.2  Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

5.3  Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

 

6.  Mempraktikkan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***) 6.1  Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan6.2  Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas  serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
7. Menerapkan budaya hidup sehat 7.1 Memahami berbagai bahaya kebakaran7.2 Memahami cara menghindari bahaya kebakaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelas IX,  Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

8. Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya  8.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)8.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan**)

8.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)

8.4 Mempraktikkan  variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)

9. Mempraktikkan tes kebugaran jasmani secara sederhana 9.1  Mempraktikkan tes  kesegaran jasmani secara sederhana9.2  Menginterpretasi secara sederhana hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran
10. Mempraktikkan rangkaian gerak senam   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 10.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, menghargai tema10.2  Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan alat   serta nilai percaya diri dan disiplin
11. Mempraktikkan senam irama   dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 11.1 Mempraktikkan kombinasi gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika11.2  Mempraktikkan gerak rangkaian senam irama menggunakan alat dengan koordinasi  serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan, dan estetika
12. Mempraktikkan kecakapan teknik dasar gaya renang  dan nilaii- nilai yang terkandung di dalamnya*) 12.1  Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki dan lengan, renang gaya bebas dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan12.2  Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakan kaki, lengan dan pernapasan, renang gaya bebas dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
13. Mempraktikkan keterampilan dasar penjelajahan, dan penyelamatan aktivitas di alam bebas  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*** 13.1  Mempraktikkan perencanaan dasar-dasar kegiatan menjelajah alam bebas  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, pengambilan keputusan dalam kelompok.13.2  Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di alam bebas  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok
14. Menerapkan budaya hidup sehat 14.1  Memahami berbagai bahaya bencana alam14.2  Memahami cara menghadapi berbagai bencana alam

Keterangan

  1. *) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi          sekolah

**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia

***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau   semester 2

  1. Untuk pembinaan peserta didik ynag berminat terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler.

K.  MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

  1. 1.       Tujuan

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
  2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
  3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
  4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

2.       Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
  2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
  3. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII,  Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang

 

1.1   Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi1.2   Mendeskripsikan sejarah perkembangan  teknologi informasi dan  komunikasi dari masa lalu sampai  sekarang

1.3   Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari

1.4   Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

1.5   Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

2.   Mengenal operasi dasar peralatan komputer 2.1   Mengaktifkan komputer sesuai prosedur2.2   Mematikan komputer sesuai prosedur

2.3   Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis

 

 

 

 

 

 

Kelas VII, Semester  2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer

 

3.1   Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer3.2   Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi

3.3   Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi

3.4   Mempraktikkan satu program aplikasi

Kelas  VIII,   Semester  1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi

 

4.1   Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata4.2   Menjelaskan  fungsi menu dan ikon pada program pengolah kata

4.3   Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah kata

4.4   Membuat dokumen  pengolah kata sederhana

Kelas VIII,  Semester  2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
5.1   Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka5.2   Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka

5.3   Menggunakan menu dan ikon  pokok pada perangkat lunak pengolah angka

5.4   Membuat dokumen pengolah angka sederhana

 

 

 

 

 

 

Kelas IX ,  Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
1.3       Menjelaskan pengertian dasar Internet/intranet1.4      Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/intranet

1.5      Mengenal ukuran kecepatan akses Internet

1.6      Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/intranet

1.7      Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet

Kelas  IX ,  Semester  2           

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi

 

2.1      Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur2.2      Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet

2.3      Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat

 

2.         MUATAN LOKAL

Muatan Lokal merupakan kegaitan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri kas dan potensi daerah, termasuk kunggulan daerah yang materinya tidak dapat dikelompokan pada mata pelajaran yang ada. Substansi mata pelajaran muatan lokal dapat ditentukan oleh satuan pendidikan, tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan.

Untuk mengembangkan potensi dan melestarikan budaya dalam bidang bahasa, serta untuk memberikan penanaman dan pemahaman aqidah Islam yang benar, maka MTs. Ma’arif II Malangbong Kabupaten Garut memilih muatan lokal Bahasa Sunda dan Aswaja (Ahlussunnah wal jama’ah).

  1. a.                  Bahasa Sunda
    1. 1.                   Tujuan
    2. Murid beroleh pengalaman berbahasa dan bersastra Sunda.
    3. Murid menghargai dan membanggakan bahasa Sunda sebagai bahasa daerah di Jawa Barat, yang juga merupakan bahasa ibu bagi sebagian besar masyarakatnya.
    4. Murid memahami bahasa Sunda dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta mampu menggunakannya secara tepat dan kreatif untuk berbagai konteks (tujuan, keperluan, dan keadaan).
    5. Murid mampu menggunakan bahasa Sunda untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional, dan kematangan sosial.
    6. Murid memiliki kemampuan dan kedisiplinan dalam berbahasa Sunda (berbicara, menulis, dan berpikir).
    7. Murid mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra Sunda untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa Sunda, mengembangkan kepribadian, dan memperluas wawasan kehidupan.
    8. Murid menghargai dan membanggakan sastra Sunda sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Sunda.

2.                  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra Sunda, yang meliputi aspek-aspek berikut:

  1. menyimak (ngaregepkeun);
  2. berbicara (nyarita);
  3. membaca (maca); dan
  4. menulis (nulis).

Keempat aspek kemampuan berbahasa tersebut dikaitkan dengan aspek tema dan kaidah bahasa (kebahasaan) seperti lafal dan ejaan, pembentukan kata, dan penataan kalimat.

  1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

 

KELAS VII

1.         Menyimak (ngaregepkeun)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
1.1    Mampu memahami dan menanggapi wacana lisan melalui menyimak percakapan, dongeng, dan pupujian 1.1.1       Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman; dibacakan)7.1.2  Menyimak dongeng

7.1.3  Menyimak pupujian

  1. 2.                   Berbicara (nyarita

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
7.2   Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisandalam menyampaikan

pengumuman, bercerita

tentang pengalaman,

menyampaikan bahasan,

menceritakan tokoh,

berbicara melalui telepon,

dan bercakap-cakap

dengan teman.

7.2.1          Menyampaikan pengumuman(wawaran)

7.2.2          Menceritakan pengalaman

7.2.3          Menyampaikan bahasan

7.2.4          Menceritakan tokoh idola

7.2.5          Berbicara melalui telepon

7.2.6          Bercakap-cakap (guneman) dengan  teman sekelas

 

 

 

 

 

 

  1. 3.                   Membaca (maca)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
7.3   Mampu memahami dan menanggapi bacaan melalui membaca sejarah lokal/cerita babad, teks percakapan, dongeng, dan carita pondok.. 7.3.1          Membaca sejarah lokal/cerita babad7.3.2          Membaca teks percakapan (paguneman)

7.3.3          Membaca dongeng

7.3.4          Membaca carita pondok

 

4.         Menulis (nulis)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
7.4          Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan, dan berita (warta). 7.4.1          Menulis pengalaman7.4.2          Menulis biografi singkat

7.4.3          Menulis sajak

7.4.4          Menulis bahasan (eksposisi)

7.4.5          Menulis berita (warta)

 

 

KELAS VIII

1.         Menyimak (ngaregepkeun)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
8.1 Mampu memahami dan menanggapi wacana lisan melalui menyimak lirik (rumpaka) lagu, puisi sawer, dan  pembacaan bahasan. 8.1.1    Menyimak lirik (rumpaka) lagu-lagu kawih(dinyanyikan langsung atau rekaman)8.1.2    Menyimak puisi sawer

8.1.3    Menyimak bahasan tentang  jenis-jenis kesenian daerah

 

 

  1. 2.                  Berbicara (nyarita)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
8.2 Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan   keinginan secara lisan dalam berwawancara, berdiskusi, menyampaikan informasi dan laporan perjalanan,       memandu acara, dan memimpin diskusi. 8.2.1    Berwawancara  dengan narasumber8.2.2    Berdebat dalam diskusi

8.2.3    Menyampaikan informasi

8.2.4    Menyampaikan laporan perjalanan

8.2.5    Memandu acara kegiatan

8.2.6    Memimpin diskusi

 

3.         Membaca (maca)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
8.3 Mampu memahami dan menanggapi bacaan melalui membaca teks kepahlawanan, cerita wawacan, sajak, dan argumentasi. 8.3.1          Membaca wacana tentang pahlawan          8.3.2          Membaca penggalan cerita wawacan

8.3.3          Membaca  sajak (poetry reading)

8.3.4          Membaca wacana argumentasi

  1. 4.                   Menulis (nulis)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
8.4      Mampu mengungkapkan  pikiran, perasaan, dan  keinginan secara tertulis dalam bentuk surat, esai, laporan, sisindiran, dan guguritan. 8.4.1          Menulis surat8.4.2          Menulis esai

8.4.3          Menulis laporan

8.4.4          Menulis sisindiran

8.4.5          Menyusun guguritan

 

KELAS IX

1.         Menyimak (ngaregepkeun)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
9.1      Mampu memahami dan menanggapi wacana lisan melalui menyimak  pidato/khotbah, lirik (rumpaka) lagu jenis tembang, dan  pembacaan cerita pendek (carita pondok). 9.1.1          Menyimak pidato (biantara)/ khotbah (hutbah).9.1.2          Menyimak lirik (rumpaka) lagu-lagu jenis tembang

9.1.3          Menyimak pembacaan cerita pendek (carita pondok)

 

 

2.         Berbicara (nyarita)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
9.2      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk mengemu-kakan kritik, berpidato,  menceritakan isi novel, berdiskusi, bermain peran, dan dramatisasi/musikalisasi puisi. 9.2.1              Mengkritik berbagai karya seni9.2.2  Berpidato (biantara)

9.2.3          Menceritakan isi novel

9.2.4          Berdiskusi di kelas

9.2.5        Bermain peran berdasarkan

naskah drama

9.2.6    Dramatisasi/musikalisasi puisi

3.         Membaca (maca)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

9.3          Mampu  memahami dan menanggapi bacaan melalui membaca  artikel, bahasan, puisi, dan naskah drama.

9.3.1 Membaca artikel9.3.2 Membacakan bahasan  karangan

sendiri

9.3.3 Membacakan puisi karangan

sendiri

9.3.4 Membaca wacana dialog

(paguneman)/naskah drama

 

4.         Menulis (nulis)

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
9.4      Mampu mengungkapkanpikiran, perasaan, dan

keinginan secara tertulis

dalam bentuk surat, berita,

teks pidato, hasil

wawancara, dan bahasan.

9.4.1 Menulis surat9.4.2 Menulis berita

9.4.3 Menulis teks  pidato

9.4.4 Menulis hasil wawancara

9.4.5 Menulis bahasan

  1. b.                  Aswaja
  2. 1.                  Tujuan

Pembelajaran mulok aswaja di Madrasah Tsanawiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat: (1) mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam ibadah  (Hablum minalloh ) dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam muammalah ( Hablum minannaas ). (2) Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam melaksanakan ibadah kepada kepada Allah dan ibadah sosial. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosial.

  1. 2.                  Ruang Lingkup

Ruang lingkup Mulok Aswaja di Madrasah Tsanawiyah meliputi ketentuan pengaturan hukum Islam dalam menjaga keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah Swt dan hubungan manusia dengan sesama manusia.  Adapun ruang lingkup mata pelajaran Mulok Aswaja di Madrasah Tsanawiyah meliputi :

  1. Aspek Ahlussunnah wal – jamaah Ibadah melipuiti : ketentuan dan tatacara thaharah, shalat fardlu, shalat sunnah, dan shalat dalam keadaan dlorurat,  sujud, adzan dan iqomah, berdzikir dan berdo’a setelah shalat, puasa, zakat, haji dan umrah, qurban dan aqiqah, makanan, perawatan jenazah dan ziarah kubur)
  2. b.                  Aspek Ahlussunnah wal – jamaah Muamalah  melipuiti : ketentuan dan hukum jual beli, qiradh, riba, pinjam  meminjam,  utang piutang, gadai dan borg serta upah

 

  1. 3.                  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  2. A.         Kelas VII, Semester 1

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

 

  1. Pertumbuhan dan perkembangan islam di indonesia

 

1.1 Menjelaskan tentang pertumbuhan dan perkembamngan islam di indonesia
1.2 Strategi dan media da’wah islam
1.3 Pondok pesantren dan perkambangan islam di indonesia
  1. Kelahiran nahdlatul ulama
2.1 Latar belakang kelahiran nahdlatul ulama
2.2 Kegigihan para ulama dalam mempertahankan faham ahlussunnah wal – jamaah
2.3 Pondok pesantren dan perkembangan islam di indonesia
  1.   Bentuk dan keorganisasian nahdlaul ulama
3.1 Bentuk dan tujuan organisasi nahdlatul ilama 
3.2 Simtim keorganisasian nahdlatul ulama 
3.3 Perangkat organisasi nahdlatul ulama 

    B.    Kelas VII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

 

  1. Bentuk dan sistim keorganisasian Nahdlatul ulama

 

4.1. Sistim permusyawaratan dalam nahdlatul ulama
4.2. Musyawarah nasional alim ulama
4.3. Konfrensi yang di selenggarakan oleh nahdlatul ulama
  1. Sejarah perjuangan nahdlatul ulama
5.1.5.2.

 

Nahdlatul ulama di masa pra kemerdekaanPenjajahan jepang

Nahdlatul ulama di masa kemerdekaan

Peran nahdlatul ualama di masa reformasi

  1. C.     Kelas VIII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

 
  1.                        1.      Ahlussunnah wal – jamaah

 

1.1

 

Pengertian ahlussunnah wal – jamaah

1.2Munculnya  istilah ahlus sunnah wal – jamaah1.3Ajaran ahlussunnah wal – jamaah

  1.                        2.      Nahdlatul ulama dan ahlussah wal – jamaah
2.1.2.2.

 

Usaha mempertahankan ahlussunnah wal – jamaahUasha nahlatul ulama dalam mengembangkan ajaran ahlussunnah wal – jamaah
  1.                        3.      Kepemimpinan ulama dalam nahdlatul ulama

 

3.1.

3.2.

3.3.

Pengertian Ulama

Kedudukan para ulama sebagai tokoh keagamaan

Sumber hukum ajaran agama islam (Al – qur’an )

 

  3.4.3.5.

3.6.

Sumber hukum ajaran agama islam ( al – Hadist)Sumber hukum ajaran agama islam ( al – Ijma)

Sumber hukum ajaran agama islam ( al – Qiyas)

  1. Kelas VIII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Memahami dan mengamalkan ajaran islam

 

4.1 Madhab
4.2 Jamiyah nahdlatul ulama adalah jamiyah yang bermadhab
4.3 Kegunaan dan pentingnya bermadhab
  1. Pengertian sunnah dan bid’ah
  1. Pemikiran dan amaliyah jamiyah nahdlatul ilama

 

5.15.2

6.1

6.2

6.3

6.4

Pengertian sunnahPengertian bid’ah

Memuliakan al-qur’an

Mencintai rosululloh SAW

Mencintai sahabat rosululloh SAW

Mencintai Para wali

 

  1. E.      Kelas IX, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1.    7.      Firqoh dalam islam
7.1.7.2. Sejarah timbulnya firqoh dalam islamSebab – sebab timbulnya firqoh dalam islam
  1. firqoh yang berpengaruh , tokoh dan ajarannya
8.1.8.2.

8.3.

8.4.

Firqoh – firqoh yang berpengaruh, tokoh dan ajarannyaMabadi khoirul ummah

Isi kandungan mabadi khoirul ummah

Khithoh nahdlatul ulama

  1. F.      Kelas IX, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1.    9.      Ukhuwah nahdliyah
9.1. Pengertian ukhuwah
9.2. Sikap yang mempengaruhi ukhuwah
9.3. Sikap yang mengganggu ukhuwah
9.4. Macam-macam ukhuwah
9.5. Kaidah fikhiyah sebagai dasar pembentukan perilaku warga nahdlatul ulama

 

 

 

3.         PENGEMBANGAN DIRI

  1. Pengembangan Diri merupakan kegiatan Pendidikan diluar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum dari Madrasah.
  2. Kegiatan pengembangan Diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir, serta kegiatan ekstrakurikurer

Kegiatan Pengembangan Diri

1.         Pembentukan Karakter melalui pembiasaan dalam kegiatan:

a.         Rutin

  • Upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nasional
  • Sholah dzuhur berjamaah
  • Berdo’a sebelum dan sesudah belajar
  • Pemeriksaan kebersihan badan dan pakaian sebelum masuk kelas
  • Membersihkan kelas dan halaman sebelum dan sesudah belajar
  • Membaca buku dan Al-Qur’an
  • Baca Tulis Al-Qur’an
  • Kultum setelah sholat dzuhur berjama’ah
  • Kegiatan Pramuka
  • Drumb Band
  1. b.                  Terpogram
  • Kegiatan Bulan Ramadhan (pesantren kilat dan zakat Fitrah)
  • Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
  • Test Kemampuan Dasar Akademik (TKDA)
  • Pekan kreativitas siswa
  • Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)
  • Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN)
  • Karya wisata, darma wisata dan studi tour
  • Perkemahan Pramuka
  1. c.                   Spontan
  • Memberi dan menjawab salam
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Membiasakan antri
  • Berdiskusi dengan baik dan benar
  1. d.                  Teladan
  • Berpakaian rapih dan sopan
  • Tepat waktu dalam segala hal
  • Penampilan sederhana

2.         Pengembangan Potensi dan Ekspresi Diri

a.         Sesuai dengan minat dan bakat

b.         Dibimbing oleh guru, pembina, konselor tenaga pendidik lainnya

  1. Pelayanan konsultasi siswa
  2. Alokasi waktu untuk pengembangan ekspresi dan potensi diri disesuaikan dengan jenis pengembangan yang dipilih.
  3. Pengembangan diri dalam rangka pembentukan karakter disesuaikan dengan kondisi situasi, dan konteks madrasah.
  4. Memberikan bantuan kepada peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar
  5. Memberikan bantuan kepada peserta didik dalam mengatasi permasalahan dalam pergaulan.

3.         Kegiatan Ekstrakurikuler

1)                   Krida

Tujuan :

a)                   sebagai wahana bagi peserta didik untuk berlatih berorganisasi

b)                  melatih peserta didik agar terampil dan mandiri

c)                   mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada orang lain

d)                  mengembangkan sikap kerjasama dan tolong-menolong

Jenis Kegiatan

Bidang

Pengembangan

Tenaga Memberikan

Layanan

Jumlah

Siswa

OSIS Agus Abdul Fatah, S.Pd.I.
Pramuka M.A. Saehudin, S.Pd.
Keagamaan Aas Ahmad Hulasoh, S.Pd.I.

2)                   Seni

Meliputi : Seni membaca Al-Qur’an

Tujuan :

a)                    mengembangkan potensi siswa dalam seni baca Al-Qur’an

b)                   meningkatkan iman, ketaqwaan, serta akhlak mulia

c)                    memiliki siswa yang siap dan terampil membaca Al-Qur’an.

Bidang

Pengembangan

Tenaga Memberikan

Layanan

Jumlah

Siswa

Qira’ah Abdul Majid
Qosidah Yeni Masyrifah, S.Pd.I.

3)                   Olahraga

Tujuan :

  1.  mengembangkan jiwa sportifitas pada diri siswa
  2.  mengembangkan potensi siswa dalam bidang olah raga secara optimal
  3.  mempersiapkan regu olah raga yang siap tampil dan mampu menjadi Juara ditingkat Kecamatan.

Bidang

Pengembangan

Tenaga Memberikan

Layanan

Jumlah

Siswa

Bola Voly Drs. Asep Muhammad SZ.
Bulu Tangkis Drs. Asep Muhammad SZ.
Pencak Silat Aceng Dahlan

4)                   Kajian Materi Ujian Nasional

Tujuan :

a)                    mengatasi kesulitan siswa dalam menghadapi materi Ujian Nasional secara lebih dini

b)                    meningkatkan penguasaan terhadap materi-materi dasar dalam mata pelajaran yang diujikan secara nasional

c)                    menyiapkan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional.

d)                    meningkatkan prosentase kelulusan madrasah

e)                    meningkatkan rata-rata nilai Ujian Nasional

Bidang

Pengembangan

Tenaga Memberikan

Layanan

Jumlah

Siswa

Bahasa Inggris Enden Neni Nurhayati, S.Pd.I.
Matematika Elis Nia Rohania, S.Pd.
IPA Agus Abdul Fatah, S.Pd.I.
B. Indonesia Rina Popon Sopiah, S.Pd.

 

 

 

 

  1. 2.                  Mekanisme Pelaksanaan

1)                  Kegiatan Pengembangan Diri dilaksanakan di dalam dan di luar jam pembelajaran  (ekstrakurikuler). Kegiatan ini dibina oleh guru, praktisi, atau alumni yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan Surat Keputusan Kepala Madrasah.

2)                  Alokasi Waktu

Kelas VII, VIII, dan IX selama 2 jam pelajaran (ekuivalen 2 x 40 menit).

3)         Penilaian

Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala kepada madrasah, Komite Madrasah, orang tua  dalam bentuk kualitatif.

 

 

Tabel Kategori Nilai Pengembangan Diri

Kategori Nilai

Keterangan

A

Sangat Baik

B

Baik

C

Cukup

D

Kurang

Tabel Jadwal Pengembangan Diri

Pengembangan Diri

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jum’at

Sabtu

Layanan Konseling

X

X

X

X

Olah Raga Prestasi

X

OSIS

X

Pramuka

X

PMR

X

Qira’at

X

Bola Voly

X

Bulu Tangkis

X

Pencak Silat

X

Kajian UN Bahasa Inggris

X

Kajian UN Matematika

X

Kajian UN IPA

X

Kajian UN Bahasa Indonesia

X

Keterangan:

–          Semua siswa mengikuti pengembangan diri BK

–         Pilihan untuk pengembangan diri yang lain.

4.         BEBAN BELAJAR

 

MTs. Ma’arif II Malangbong Kabupaten Garut menggunakan sistem paket yang dialokasikan dalam struktur kurikulum sebagai berikut,

  •  Satu jam pemb. tatap muka (menit)        : 40 menit
  •  Jumlah jam pemb. per minggu               : 42 Jampel
  •  Minggu Efektif per tahun ajaran              : 37 minggu
    •  Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur maksimum 50% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.
    •  Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di madrasah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik diluar madrasah setara dengan satu jam tatap muka.
  1. 3.                  KETUNTASAN BELAJAR

Ketuntasan belajar setiap indikator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%. Sekolah harus menentukan kriteria ketuntasan minimal sebagai target pencapaian kompetensi (TPK) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dan Kompleksitas atau kerumitan suatu pembelajaran dalam penyelenggaraan pembelajaran. Dengan mengguinakan format Kriteria  Ketuntasan Minimal sebagai berikut :

Rentang nilai                                         Penilaian
          Kompleksitas         Daya dukung         Intake siswa
Tinggi 54-60

1

81-100

3

81-100

3

Sedang 60-79

2

65-80

2

65-80

2

rendah 80-100

3

54-60

1

54-60

1

Dengan Penggunaan rumus tersebut adalah :

Rumus 1     : K+D+I

———–  x 100  = KKM

300

Contoh   58+96+76

_________  x 100  = 89

300

Rumus 2   :  K+D+I

________x100 = KKM

9

Contoh   1+3+2

________   x 100  = 66.7

9

Maka dengan menggunakan salah satu rumus tersebut ,maka kami dapat menentukan KKM tersebut.

Madrasah secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan kriteria ketuntasan belajar untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.

Berikut ini tabel nilai  Kriteria ketuntasan  minimal yang menjadi target pencapaian kompetensi (KKM) di MTs Ma’arif II Malangbong yang berlaku saat ini.

KOMPONEN

KlsVII, VIII, dan IX

(%)

A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam
  1. Al-Qur’an Hadis
  2. Akidah Akhlak
  3. Fikih
  4. Sejarah Kebudayaan Islam

75

75

75

75

2. Pendidikan Kewarganegaraan

70

3. Bahasa Indonesia

70

4. Bahasa Inggris

70

5. Bahasa Arab

75

6. Matematika

70

7. Ilmu Pengetahuan Alam

70

8. Ilmu Pengetahuan Sosial

70

  1. Seni Budaya

70

  1. Penjaskes

70

  1. Teknologi Informasi dan Komputer

70

B. Muatan Lokal     11.Wajib 1    : Bahasa Daerah

12.Wajib 2    : Aswaja

70

75

 

  1. 4.                  KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN
    1. a.         Kenaikan Kelas

Kenaikan Kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut,

v   Siswa sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan kriteria ketuntasan minimal pada semua indikator, Hasil Belajar (HB), Kompetensi Dasar (KD), dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran.

v   Kehadiran siswa minimal 75%

v   Perilaku/sikap dengan kriteria baik.

  1. b.        Kelulusan

Kelulusan dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari kelas VII s/d IX.

Adapun ketentuannya sebagai berikut,

v   Siswa sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan kriteria ketuntasan minimal pada semua indikator, Hasil Belajar (HB), Kompetensi Dasar (KD), dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran.

v   Persentasi kehadiran siswa minimal 75%.

v   Lulus Ujian Madrasah.

v   Lulus Ujian Nasional.

  1. 5.                  PENDIDIKAN  KECAKAPAN HIDUP

Pendidikan kecakapan hidup adalah  berupa pendidikan di madrasah yang diarahkan agar siswa madrasah setelah menyelesaikan pendidikannya diharapkan mempunyai kecakapan hidup yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan akademi dan kecakapan vokasional.

Kecakapan tersebut agar lulusan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi baik secara pribadi maupun persoalan yang terjadi di masayarakat .

Pendidikan kecakapan hidup yang diberikan berupa kecakapan keterampilan elektronika , dengan program sebagai berikut :

Kegiatan                         Materi
Keterampilan Elektronika
  1. Pengenalan instalasi listrik
  2. Pengenalan rangkaian elektrik dan elektronika
  3. Memahami cara kerja dari setiap rangkaian
  4. Memahami perubahan energi dalam rangkaian elektrik dan elektronika.
  5. Mempraktekkan perubahan energi dalam dalam rangkaian elektrik dan elektronika yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari
  1. 6.                  KEUNGGULAN LOKAL DAN GLOBAL

Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanpaatkan keumnggulan lokal dan global  dan kebutruihan daya saing global dalam aspek ekonomi ,budaya,bahasa ,teknologi informasi dan komunikasi yang bermanfaat bagi perkembangan potensi anak.

Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global di MTs. Ma’arif II Malangbong berupa pendidikan yang diarahkan kepada kemampuan membaca kitab kuning. Selanjutnya dikembangkan pula Keterampilan Elektronika yang meliputi materi elektrik dan elektronika.

Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global :

 Kegiatan

Materi

Keterampilan Bahasa ArabKeterampilan Elektronika

Nahwu

Shorof

Elektrik dan Elektronika

 

  1. 7.                  STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

a.         Pendidikan Agama Islam SMP/MTs

  1. Al-Qur’an-Hadis
  1. Memahami dan mencintai al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat Islam.
  2. Meningkatkan pemahaman al-Qur’an, al-Faatihah, dan surat pendek pilihan melalui upaya penerapan cara membacanya, menangkap maknanya, memahami kandungan isinya, dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan.
  3. Menghafal dan memahami makna hadis-hadis yang terkait dengan tema isi kandungan surat atau ayat sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
  4. Meningkatkan pemahaman dan keyakinan terhadap rukun iman melalui pembuktian dengan dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam fenomena kehidupan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Membiasakan akhlak terpuji seperti ikhlas, taat, khauf, taubat, tawakal, ikhtiar, sabar, syukur, qana’ah, tawadhu’, husnuzh-zhan, tasamuh, ta’awun, berilmu, kreatif, produktif dan pergaulan remaja, serta menghindari akhlak tercela seperti riya, nifak, ananiah, putus asa, marah, tamak, takabur, hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah.
  1. Akidah-Akhlak
  1. Fikih

Memahami ketentuan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdah dan muamalah serta dapat mempraktikkan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Sejarah Kebudayaan Islam
  1. Meningkatkan pengenalan dan kemampuan mengambil ibrah terhadap peristiwa penting sejarah kebudayaan Islam mulai perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan para khulafaurrasyidin, Bani Umaiyah, Abbasiyah, Al-Ayyubiyah sampai dengan perkembangan Islam di Indonesia.
  2. Mengapresiasi fakta dan makna peristiwa-peristiwa bersejarah dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni.
  3. Meneladani nilai-nilai dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam peristiwa bersejarah.
  1. Bahasa Arab

a.   Menyimak

Mampu memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang identitas diri, rumah, keluarga, menanyakan alamat, jam, aktivitas di madrasah, aktivitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan, dan lingkungan sekitar kita.

b.   Berbicara

Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang identitas diri, rumah, keluarga, menanyakan alamat, jam, aktivitas di madrasah, aktivitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan, dan lingkungan sekitar kita.

c.   Membaca

Mampu memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran  tentang identitas diri, rumah, keluarga, menanyakan alamat, jam, aktivitas di madrasah, aktivitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan, dan lingkungan sekitar kita.

d.   Menulis

Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi melalui kegiatan menulis pikiran  tentang identitas diri, rumah, keluarga, menanyakan alamat, jam, aktivitas di madrasah, aktivitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan, dan lingkungan sekitar kita.

  1. b.                  Pendidikan Kewarganegaraan
    1. Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma  kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan,  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
    2. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
    3. Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab
    4. Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
    5. Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
    6. Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah
    7. Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
    8. Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya.
    9. c.                  Bahasa Indonesia
      1. 1.       Mendengarkan

Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel

  1. 2.       Berbicara

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama

  1. 3.       Membaca

Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan

  1. 4.       Menulis

Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen

  1. d.                  Bahasa Inggris
    1. 1.       Mendengarkan

Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

  1. 2.       Berbicara

Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

  1. 3.       Membaca

Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

  1. 4.       Menulis

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

  1. e.       Matematika
    1. Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmetika dan sifat-sifatnya), serta  penggunaannya dalam pemecahan masalah
    2. Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah
    3. Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah
    4. Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta  menerapkannya dalam pemecahan masalah
    5. Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta  memanfaatkan dalam pemecahan masalah
    6. Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
    7. Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama
    8. f.        Ilmu Pengetahuan Alam
      1. Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh
      2. Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri,  cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem
      3. Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup
      4. Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya
      5. Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
      6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
      7. g.      Ilmu Pengetahuan Sosial
        1. Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
        2. Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian  manusia
        3. Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
        4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
        5. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa
        6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
        7. Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
        8. Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya
        9. Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang
        10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional  dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan  internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
        11. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya
        12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
  1. h.      Seni Budaya

Seni Rupa

  1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat
  2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/ lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara
  3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.

Seni  Musik

  1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.
  2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan kelompok
  3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan kelompok

Seni  Tari

  1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat
  2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara
  3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara

Seni Teater

  1. Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
  2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater  terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
  3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  teater  terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
  4. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  teater  tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara
    1. i.        Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
      1. Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
      2.  Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat
      3.  Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung
      4.  Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana
      5.  Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik
      6. Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba
      7. j.        Teknologi Informasi dan Komunikasi
      8. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang
      9. Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer
      10. Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana
      11. Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi
  1. k.                  Bahasa Sunda
    1. Menyimak (ngaregepkeun)

Mampu memahami dan menanggapi beragam wacana lisan yang berupa percakapan, pidato, pembacaan atau pelantunan puisi (sajak, pupujian, guguritan), dan pembacaan prosa (dongeng, cerpen,  novel, carita pondok, berita, biografi, bahasan, dan artikel).

  1. b.          Berbicara (nyarita)

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan yang berupa percakapan, wawancara, bercerita, menceritakan, mengumumkan, menelpon, menjelaskan, berdiskusi, pidato, dan bermain peran.

  1. c.          Membaca (maca)

Mampu memahami dan menanggapi beragam teks yang berupa percakapan, prosa (sejarah, bahasan, biografi, carita pondok, dongeng, novel), wawacan, dan puisi (sajak, sawer, guguritan).

d.          Menulis (nulis)

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam beragam karangan yang berupa  pedoman wawancara, prosa (pengalaman, biografi, bahasan, berita, esai, surat, carita pondok, laporan), dan puisi (sajak, guguritan, sisindiran).

  1. l.                    Aswaja

Memahami ketentuan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdloh dan muammalah serta dapat mempraktekkan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

BAB III

KALENDER PENDIDIKAN

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup  permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Kalender Pendidikan MTs. Ma’arif II Malangbong Kabupaten Garut disusun dengan berpedoman pada kalender nasional yang disesuaikan dengan program madrasah. Adapun rinciannya sebagai berikut :

Tabel Kalender Pendidikan

KALENDER PENDIDIKAN MTs. MA’ARIF II MALANGBONG

Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012

Bulan

Minggu Ke

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jum’at

Sabtu

Minggu

Jumlah Hari

Keterangan

Efektif

Ef Fluk.

1

2

3

4

5

6

7

8

 

9

10

11

   

1

 

 

 

 

1

2

3

        –  

        –  

1-9 juli = Libur Kenaikan Kelas

2

4

5

6

7

8

9

10

        –  

        –  

3 Juli = Test/Seleksi Akademis

3

11

12

13

14

15

16

17

6

        –  

7-9 Juli = Pengumuman Test dan Daftar Ulang

Juli

4

18

19

20

21

22

23

24

6

        –  

11-16 Juli = Masa orientasi dan Perkemahan

2011

5

25

26

27

28

29

30

 

5

        –  

30 juli = Libur Awal Ramadhan 1432 H

Efektif

3

3

3

3

3

2

 

17

 

 

 

 

 

6

1

2

3

4

5

6

7

4

1 Agustus = Perkiraan Awal Ramadhan 1432 H

7

8

9

10

11

12

13

14

6

1, 2 Agt = Libur Awal Ramadhan 1432 H

Agt

8

15

16

17

18

19

20

21

5

3 – 20  Agt (15 hari) = Hari Efektif Fluktuatif

2011

9

22

23

24

25

26

27

28

17 Agt = Hari Proklamasi Kemerdekaan RI

10

29

30

31

 

 

 

 

        –  

22-27 Agt = Libur Hari Raya Idul Fitri 1432 H

 

 

 

 

   

 

 

        –  

29 Agt = Cuti Bersama

Ef. Fakult.

2

2

2

3

3

3

 

 

15

30-31 Agt = Libur Hari Raya Idul Fitri

Efektif

0

0

0

0

0

0

 

0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

2

3

4

1-2 Sept= Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1432 H

Sept

11

5

6

7

8

9

10

11

3

26-30 Sept = Prakiraan UTS semester 1

2011

12

12

13

14

15

16

17

18

6

13

19

20

21

22

23

24

25

6

14

26

27

28

29

30

 

 

5

Efektif

3

3

3

4

4

3

 

20

0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

2

1

1-8 Okt = Prakiraan UTS semester 1

Okt

15

3

4

5

6

7

8

9

6

10-14 Okt = Prakiraan Jeda Tengah Senester 1

2011

16

10

11

12

13

14

15

16

6

17

17

18

19

20

21

22

23

6

18

24

25

26

27

28

29

30

6

 

31

 

 

 

 

 

 

1

Efektif

5

4

4

4

4

5

 

26

0

 

 

 

 

19

 

1

2

3

4

5

6

5

6 November = Hari Raya Idul Adha

Nov

20

7

8

9

10

11

12

13

6

27 November = Tahun Baru Hijriyah 1433 H

2011

21

14

15

16

17

18

19

20

6

22

21

22

23

24

25

26

27

6

23

28

29

30

 

 

 

 

3

Efektif

4

5

5

4

4

4

 

26

0

 

 

 

 

 

 

 

 

1

2

3

4

3

12-17 Des = Prakiraan UAS semester 1

Des

24

5

6

7

8

9

10

11

6

19 – 24 Des = koreksi, rapat madrasah

2011

25

12

13

14

15

16

17

18

6

24 Des = Pembagian Buku Raport sem. 1

26

19

20

21

22

23

24

25

6

25 Des = Hari Natal, 26 Des = Cuti Bersama

27

26

27

28

29

30

31

 

        –  

27-31 Desember = Libur sem. 1

Efektif

3

3

3

4

4

4

 

21

0

 

 

 

 

 

1

1 Jan = Tahun Baru Masehi 2012

Jan

28

2

3

4

5

6

7

8

3 Jan = Hari Amal Bakti Kemenag

2012

29

9

 

2-7 Jan = Libur Semester 1

Efektif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9 Jan 2012 = Awal semester 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HE dan HE Fluk.

18

18

18

19

19

18

 

110

15

Hari efektif dan HE Fluktuatif
Σ Hari Efektif

20

20

20

22

22

21

 

125

 

Hari Efektif menurut Kalender Pendidikan
HE utk non-PBM

6

6

6

6

6

5

 

35

 

Hari efektif digunkan non PBM
Sisa utk PBM

14

14

14

16

16

16

 

90

 

Hari efektif untuk efektif PBM
Catatan: Garut ,   11  Juli 2011
Hari Efektif = 110 Kepala Madrasah,
Hari Efektif Fluktuatif = 15
Total Hari Efektif = 125 Hari
Hari efektif kaldik = 125-35 = 90
H. MUCHLAS, S.Pd.I.
NIP. –

KALENDER PENDIDIKAN MTs. MA’ARIF II MALANGBONG

Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012

Bulan

Mgg Ke

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jum’at

Sabtu

Minggu

Jumlah Hari

Keterangan

Efektif

Ef Fluk.

1

2

3

4

5

6

7

8

 

9

10

11

   

 

1

        –  

        –  

1 Jan = Tahun Baru Masehi 2012

28

2

3

4

5

6

7

8

        –  

        –  

3 Jan = Hari Amal Bakti Kemenag

29

9

10

11

12

13

14

15

6

        –  

2-7 Jan = Libur Semester 1

Jan

30

16

17

18

19

20

21

22

6

        –  

9 Jan 2012 = Awal semester 2

31

23

24

25

26

27

28

29

6

        –  

2011

32

30

31

 

 

 

 

 

2

        –  

Efektif

4

4

3

3

3

3

 

20

        –  

 

 

 

 

 

 

 

1

2

3

4

5

3

3 Peb = Prakiraan Libur Tahun Baru Imlek 2563

33

6

7

8

9

10

11

12

6

15 Peb = Prakiraan Libur Maulid N. Muhammad

Peb

34

13

14

15

16

17

18

19

5

SAW.

2012

35

20

21

22

23

24

25

26

6

36

27

28

29

   

 

 

3

        –  

Efektif

4

4

4

4

3

4

 

23

        –  

 

 

 

 

 

 

 

 

1

2

3

4

3

6 Maret = Prakiraan Hari raya Nyepi

Maret

37

5

6

7

8

9

10

11

5

7-9 Maret = Prakiraan UAMBN MA.

2012

38

12

13

14

15

16

17

18

6

14-16 Maret = Prakiraan UAMBN MTs.

39

19

20

21

22

23

24

25

6

16-24 Maret = Prakiraan UAM MA.

40

26

27

28

29

30

31

 

6

        –  

27-31 = Prakiraan UTS Semester 2

Efektif

4

3

4

5

5

5

 

26

        –  

 

 

 

 

 

1

2-3 April = Prakiraan UTS Semester 2

April

41

2

3

4

5

6

7

8

6

4-7 April = Prakiraan Jeda Tengah Semester 2

2011

42

9

10

11

12

13

14

15

6

18-21 April = Prakiraan UN MA. Dan liburan bagi

43

16

17

18

19

20

21

22

6

kelas X dan XI karena UN

44

23

24

25

26

27

28

29

6

22 April = Prakiraan Libur Wafat Isa al-Masih

45

30

 

 

 

 

 

 

1

25-28 April = Prakiraan UN MTs. Dan libur bagi

Efektif

5

4

4

4

4

4

 

25

0

kelas VII dan VIII

 

 

 

 

46

 

1

2

3

4

5

6

5

10-12 Mei = Prakiraan UN MI dan Liburan

Mei

47

7

8

9

10

11

12

13

6

bagi kelas 1-5

2011

48

14

15

16

17

18

19

20

5

17 Mei = Prakiraan Libur Hari Raya Waisyak

49

21

22

23

24

25

26

27

6

54

28

29

30

31

 

 

 

4

Efektif

4

5

5

4

4

4

 

26

0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

2

3

1

2 Juni = Prakiraan Kenaikan Isa al-Masih

Juni

51

4

5

6

7

8

9

10

6

6-12 Juni = UKK MA

2011

52

11

12

13

14

15

16

17

6

12-17 Juni = UKK MTs. Dan UKK MI

53

18

19

20

21

22

23

24

6

13-28 = Koreksi, Rapat Madrasah

54

25

26

27

28

29

30

 

5

29 Juni = Prakiraan Libur Isro Mi’roj 1433 H

Efektif

4

4

4

4

4

4

 

24

0

30 Juni = Kenaikan Kelas Madrasah

 

 

 

 

 

1

        –  

1 Jan = Tahun Baru Masehi 2012

 

2

3

4

5

6

7

8

        –  

Juli

28

9

10

11

12

13

14

15

        –  

3 Jan = Hari Amal Bakti Kemenag

2012

54

16

 

 

 

 

 

 

        –  

2-7 Jan = Libur Semester 1

Efektif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9 Jan 2012 = Awal semester 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Σ Hari Efektif

25

24

24

24

23

24

 

144

 

Hari Efektif menurut Kalender Pendidikan
HE utk non-PBM

6

6

9

9

9

9

 

48

 

Hari efektif digunkan non PBM
Sisa utk PBM

19

18

15

15

14

15

 

96

 

Hari efektif untuk efektif PBM
Catatan: Garut ,   11  Juli 2011
Hari Efektif = 144 Kepala Madrasah,
Hari efektif kaldik = 125-35 = 90
H. MUCHLAS, S.Pd.I.
NIP. –

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

 

ANALISIS DAN PROFIL MADRASAH

 

Identitas Madrasah :

  1. Nama MTs                           :  MTs. Ma’arif II Malangbong
  2. NSM                                                :  121232050157
  3. NPSN                                  :  20209840
  4. Alamat                                 :  Kp. Cirangkong RT.03 RW.04

Desa Bunisari Kecamatan Malangbong

Kabupaten Garut Propvinsi Jawa Barat

  1. Akreditasi                             :  B (Baik)
  2. Status Tanah                        :  Milik dan Hak Guna Pakai
  3. Status Bangunan                   :  Milik
  4. Tahun Pendirian                    :  1993
  5. Tahun Beroprasi                    :  1993
  6. Waktu Belajar                       :  Pagi
  1. A.                  LINGKUNGAN SEKOLAH

 

MTs. Ma’arif II Malangbong berada di daerah dataran tinggi, yaitu 641 m di atas permukaan laut dengan permukaan tanah yang berbukit-bukit. Madrasah ini terletak di Kp. Cirangkong RT.03 RW.04 Desa Bunisari yang berjarak 2 km dari pusat Desa Bunisari, 3 km dari Pusat Kecamatan Malangbong, 42 km dari Pusat Kabupaten Garut, dan 62 km dari Pusat Pusat Provinsi Jawa Barat.

Mayoritas penduduknya petani dengan bentuk pertanian tradisional, seingga rata-rata penduduknya meupakan kategori tidak mampu, apalagi ditambah dengan masih rendahnya pendidikan masyarakat yakni rata-rata berpendidikan sekolah dasar.

Jalan yang berbukit dan belum diaspal, ditambah dengan belum adanya sarana transportasi yang murah, menjadikan para siswa harus berjalan kaki untuk sampai di madrasah.

Namun di sisi lain karena 100% penduduknya beragama Islam, menjadikan madrasah ini berada pada lingkungan masyarakat yang agamis, apalagi dengan ditunjang keberadaan madrasah ini di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Falah Cirangkong Malangbong. Pendidikan formal madrasah dengan pendidikan kepesantrenan menjadi sangat lekat dan erat. Lulusan MTs. Ma’arif II Malangbong menjadi lulusan yang dibanggakan oleh masyarakatnya sehingga menjadikan madrasah ini menjadi madrasah yang besar untuk ukuran madrasah yang ada di daerah. Pada saat ini jumlah siswanya berjumlah 312 siswa, serta memiliki harapan untuk lebih maju lagi pada masa yang akan datang.

Kondisi alam yang berbukit serta memilki jarak yang cukup dari keramaian dan kebisingan menjadikan madrasah ini cocok untuk penyelenggaraan pendidkan, karena berada pada iklim yang nyaman dan suasana yang kondusif.

Guru-guru yang berpendidikan cukup dan memadai yakni 18 guru dari 23 guru yang ada sudah berpendidikan S1/S2, menambah semakin efektifnya pendidikan yang diselenggarakan di madrasah ini.

Kendala utama yang dihadapi oleh MTs. Ma’arif II Malangong adalah pengadaan sarana prasarana untuk terselenggaranya pendidikan yang lebih baik lagi. Hal ini disebabkan karena sangat terbatasnya daya dukung masyarakat dalam sisi ekonomi.

  1. B.                 KEADAAN SEKOLAH
  2. Data Ruang Belajar (Kelas)

Kondisi

Jumlah dan ukuran

Jml. ruang lainnya

yg digunakan untuk r. Kelas    (e)

Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas         (f)=(d+e)

Ukuran

7×9 m2  (a)

Ukuran

> 63m2 (b)

Ukuran

< 63 m2 (c)

Jumlah (d) =(a+b+c)

Baik

4

4

7

7

Rsk ringan
Rsk sedang
Rsk Berat
Rsk Total

Keterangan kondisi:

Baik
Rusak ringan
Rusak sedang
Rusak berat
Rusak total
  1. Data Ruang Belajar Lainnya

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi

1. Perpustakaan

1

6 x 3

baik

6. Lab. Bahasa
2. Lab. IPA

1

2,5 x 2,5

baik

7. Lab. Komputer

1

5 x 6

baik

3. Ketrampilan 8. PTD
4. Multimedia

1

5 x 6

baik

9. Serbaguna/aula
5. Kesenian

10. ……………
  1. Data Ruang Kantor

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

1. Kepala Sekolah

1

6 x 8

baik
2. Wakil Kepala Sekolah

1

6 x 8

baik
3. Guru

1

6 x 8

baik
4. Tata Usaha

1

6 x 8

baik
5. Tamu

1

6 x 8

baik
Lainnya: ………………
  1. Data Ruang Penunjang

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi

1. Gudang 2 2,5 x 2,5 baik 10.          Ibadah 1 9 x 12 Rusak Ringan
2. Dapur 11.          Ganti
3. Reproduksi 1 5 x 6 baik 12.          Koperasi 1 6 x 3 baik
4. KM/WC Guru 2 4 x 3 baik 13.          Hall/lobi
5. KM/WC Siswa 3 1 x 1,5 Rusak ringan 14.          Kantin 1 2 x 2 baik
6. BK 1 1,5 x 1,5 baik 15.          Rumah Pompa/ Menara  Air
7. UKS 1 2 x 2 baik 16.          Bangsal Kendaraan
8. PMR/Pramuka 1 3 x 3 baik 17.          Rumah Penjaga
9. OSIS 1 3 x 3 baik 18.          Pos Jaga
  1. Lapangan Olahraga dan Upacara

Lapangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi

Keterangan

1. Lapangan Olahragaa. Bola Voli

b. Basket

c. Tenis Meja

2. Lapangan Upacara

1

70 x 70

Baik
  1. Kepemilikan Tanah             :  Yayasan dan pribadi

Status Tanah                                        :               Hak Milik dan Hak Guna Pakai

Luas Lahan/Tanah                             :               1.219     m2

          Luas Tanah Terbangun                     :                 659      m2

Luas Tanah Siap Bangun                 :                 560       m2

Luas Lantai Atas Siap Bangun         :                     –

  1. Perabot (furniture) utama
  1. Perabot ruang kelas (belajar)

No.

Jumlah ruang kelas

Perabot

Jumlah dan kondisi meja siswa

Jumlah dan kondisi kursi siswa

Almari + rak buku/alat

Papan tulis

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

1

7

274

274

7

  1. Perabot ruang belajar lainnya

No.

Ruang

Perabot

Meja

Kursi

Almari + rak buku/alat

Lainnya

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

  1. 1.
Perpustakaan

4

8

1

  1. 2.
Lab. IPA

2

5

1

  1. 3.
Ketrampilan

8

19

3

  1. 4.
Multimedia

15

  1. 5.
Lab. bahasa
  1. 6.
Lab. komputer

8

16

  1. 7.
Serbaguna
  1. 8.
Kesenian

25

  1. 9.
PTD
  1. 10.
Lainnya: ……..
  1. Perabot Ruang Kantor

No.

Ruang

Perabot

Meja

Kursi

Almari + rak buku/alat

Lainnya

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Kepala Sekolah

1

1

1

Wk Kepala Sekolah
Guru

10

10

Tata Usaha

1

1

2

Tamu

1

2

  1. Perabot Ruang Penunjang

No.

Ruang

Perabot

Meja

Kursi

Almari + rak buku/alat

Lainnya

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

Jml

Baik

Rsk. Ringan

Rsk.Berat

BK

1

3

1

UKS

1

3

3

PMR/Pramuka

3

7

2

OSIS

3

7

2

Gudang

2

2

Ibadah

1

30

Koperasi

2

1

3

5

Hall/lobi
Kantin

2

4

3

  1. 10.
Pos jaga
  1. 11.
Reproduksi

3

6

4

  1. 12.
Lainnya: ….. 
  1. Koleksi Buku Perpustakaan

No.

Jenis

Jumlah

Kondisi

Rusak

Baik

1. Buku siswa/pelajaran (semua mata pelajaran)

1200

2. Buku bacaan (misalnya novel, buku ilmu pengetahuan dan teknologi, dsb.)

100

3. Buku referensi (misalnya kamus, ensiklopedia, dsb.)

10

5. Jurnal

6. Majalah

7. Suratkabar

8. Lainnya: ………………………………. 

Total

1310

  1. Fasilitas Penunjang Perpustakaan

No.

Jenis

Jumlah / Ukuran/ Spesifikasi

1.

Komputer 10 bh, P4

2.

Ruang baca

4.

TV 2 bh, 29 inch

5.

LCD

6.

VCD/DVD player 1

7.

Lainnya: ……………………………………. 
  1. Alat/Bahan di Laboratorium/Ruang Keterampilan/Ruang Multimedia

No.

Alat/bahan

Jumlah, kualitas, dan kondisi alat/bahan*)

Jumlah

Kualitas

Kondisi

Kurang dari 25% dr keb.

25%-50% dr keb.

50%-75% dr keb.

75%-100% dr keb.

Kurang

Cukup

Baik

Sangat baik

Rusak berat

Rusak ringan

Baik

1. Lab. IPA
2. Lab. bahasa
3. Lab. komputer

5

4. Ketrampilan
5. PTD
6. Kesenian
7. Multimedia

*) Lampirkan daftar alat pada laboratorium/ruang dengan spesifikasi teknisnya.

 

  1. F.                        INVENTARIS LABORATORIUM IPA

No

Jenis

Jml

Kondisi

Kualitas/Fungsi

Keterangan

Baik

Buruk

Layak

Tidak Layak

Prasarana
1 Ruang Praktek

2

2 Ruang Persiapan
3 Ruang Penyimpanan alat

2

dan bahan
4 Ruang Gudang

2

5 Meja Laboratorium

10

6 Kursi Laboratorium

21

7 Wastafel
8 Saluran dan instalasi air bersih
9 Saluran dan instalasi air kotor
10 Saluran dan instalasi listrik

5

11 Sirkulasi Udara

2

12 Sistem pencahayaan

8

Alat Praktikum Fisika
1 Kit Optik

1

2 Kit Listrik
3 Kit Mekanika

1

4 Kit Panas dan Hidrostatika 1
Alat Penunjang Fisika
1 GARPU TALA PADA KOTAK 1
2 SLINKI 1
3 METER DASAR 90 1
4 CATU DAYA, Tegangan Rendah 1
5 NERACA 1
Alat Praktikum Biologi
1 TABUNG KAPILER 1
2 RESPIROMETER 1
3 KOTAK GENETIKA 5 warna
4 MODEL, Otak Manusia 1
5 MODEL, Mata Manusia 1
6 MODEL, Telinga Manusia 1
7 MODEL, Torso Wanita
8 MODEL, Jantung Manusia 1
9 MODEL, Kulit Manusia. 1
10 MODEL, Ginjal Manusia 1
11 MODEL, Tengkorak Manusia 1
12 MIKROSLID, Junior Biologi
13 MIKROSLID, Junior Biologi
14 MIKROSLID, Biologi
15 MIKROSLID, Biologi
16 MIKROSLID, Biologi
17 MIKROSLID, Biologi
18 MIKROSLID, Mammalian
19 MIKROSLID, Mammalian
20 MIKROTOM SEDERHANA
21 KUADRAT, fleksible Tipe Lipat
22 EOSIN, BG 25 gr
23 Iodine crystals (I2), BG, 500 g
24 Calcium Oxide (Ca O), T, 500 g
25 Sodium Hydroide, T, 500 g, NA OH
26 Penghubung Selang Bentuk Y
27 Benedict, 500 ml
28 Akuarium
29 CAWAN PETRI
30 GELAS KIMIA 100,250ml 1
31 GELAS KIMIA  600 ml 1
32 KAKI TIGA 1
33 KASA BAJA, Tahan Karat
34 JAM HENTI, dual dial
35 PLAT TETES
36 LUMPANG DAN ALU
37 PIPA KACA
38 PIPET TETES
39 GELAS UKUR KACA 100 CC
40 SUMBAT KARET 1 Lubang
41 SUMBAT KARET 2 Lubang
42 BATANG PENGADUK KACA
43 STATIF Segi 4
44 KLEM UNIVERSAL
45 BOSS HEAD
46 TABUNG REAKSI, Medium Wall,
with rim
47 TABUNG REAKSI, Medium Wall,
with rim,
48 PENJEPIT TABUNG REAKSI
49 RAK TABUNG REAKSI
50 Thermometer ,  -10-110 derajatC
51 CHARTA, Hukum Mendel
52 CARTA, Sistem Transportasi
53 CARTA, Sistem Pencernaan
54 CARTA, Sistem Koordinasi
55 CARTA, Sistem Saraf Manusia
56 CARTA, Sistem Sirkulasi Darah
Manusia
57 CARTA, Sistem Pencernaan Manusia
58 CARTA, Sistem Ekskresi Manusia
59 CARTA, Sistem Koordinasi
60 CARTA, Hewan purba dan situasi
zaman purba
61 CARTA, Perkembanganbiakan
tumbuhan vegetatif
62 CARTA, Perkembanganbiakan
tumbuhan generatif
63 CARTA, Perkembanganbiakan
hewan tinggi generatif
64 CARTA, Perkembanganbiakan
hewan rendah generatif
65 CARTA, Bagian Tubuh Tumbuhan
66 CARTA, Daur hidup parasit
(malaria)
67 AUXANOMETER
Alat Penunjang Biologi
1 MIKROSKOP, Lanjutan
2 MIKROKOP, untuk siswa
3 PEMELIHARAAN MIKROSKOP
4 KACA PENUTUP
5 KACA BENDA
6 KACA PEMBESAR
  1.       INVENTARIS PERALATAN LABORATORIUM BAHASA

No

Peralatan

Jml

Kondisi

Kualitas/Fungsi

Keterangan

Baik

Buruk

Layak

Tidak Layak

1 Master console
2 Booth siswa
3 Headset siswa
4 Room speaker
5 TV
6 Komputer
7 Kursi guru
8 Kursi siswa
9 Almari/rak
10 Papan tulis
11 AC/kipas angin/exhaust fan
Lainnya: ………….
  1.        INVENTARIS LABORATORIUM KOMPUTER
No Jenis Jml Kondisi Kualitas/Fungsi Keterangan
Baik Buruk Layak Tidak Layak
Prasarana
1 Ruang Praktek 1 1 v Kurang Luas
2 Ruang Persiapan
3 Ruang Penyimpanan
4 Ruang Gudang
5 Meja Laboratorium Komputer 5 5 5
6 Kursi Laboratorium Komputer 5 5 5
7 Saluran dan instalasi listrik
8 Sirkulasi Udara
9 Sistem pencahayaan
10 Komputer saling terhubungkan 5 5 5
dengan jaringan
11 Jaringan internet 1 1 1
12 Ketersediaan Daya Listrik
Alat Praktikum Komputer
1 Komputer
A Intel Pentium I
B Intel Pentium II
C Intel Pentium III 5 5 5
D Intel Pentium IV
E Lainnya
2 Printer
A Dot Matriks A4
B Dot Matriks A3
C Ink Jet A4
D Ink Jet A3
e Color Ink Jet 2 2 2
f Laser Jet A4
g Laser Jet A3
H Color Laser Jet
3 Scanner
4 Stabilizer
Keadaan Keterangan
5 Perangkat Lunak Asli Tdk Asli
Sebutkan Perangkat Lunak yang 1. OS Windows
dimiliki sekolah 2. Spreed Sheet
3. Word Prosesor

 

  1. C.                                         PERSONIL SEKOLAH

 

  1. 1.                   PENDIDIK  
  1. Kepala sekolah

No.

Jabatan

Nama

Jenis Kelamin

Usia

Pend. Akhir

Masa Kerja

L

P

1.

Kepala Sekolah H. Muchlas, S.Pd.I.

60

S.1/A4

43 thn

2.

Wakil Kepala Sekolah Asep Jamaludin, S.Pd.

38

S.1/A4

14       hn

  1. b.                   Guru

 

  1. Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah

No.

Tingkat Pendidikan

Jumlah dan Status Guru

Jumlah

GTY

GTT

L

P

L

P

1.

S3/S2

2.

S1

12

9

21

3.

D-4

4.

D3/Sarmud

5.

D2

6.

D1

1

1

7.

≤ SMA/sederajat

3

1

4

Jumlah

16

10

26

  1. Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)

No.

Guru

Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar

Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajar

Jumlah

D1/D2

D3/

Sarmud

S1/D4

S2/S3

D1/D2/

SMA

D3/

Sarmud

S1/D4

S2/S3

1.

Qur’an Hadits

1

1

2

2.

Fikih

2

2

3.

Akidah Akhlak

1

1

4.

SKI

1

1

5.

Bahasa Arab

2

1

3

6.

PKn

1

1

7.

Bahasa Indonesia

3

3

8.

Bahasa Inggris

2

2

9.

Matematika

2

2

10.

IPA

1

1

11.

IPS

2

2

12.

Seni Budaya

1

1

13.

Penjas, Olahraga, dan Kesehatan

1

1

14.

TIK

1

1

15.

Bahasa Sunda

1

1

16.

Aswaja

1

1

  1. Tenaga Pendidik

NO

NAMA GURU

BIDANG STUDI

BANYAK JAM

JML

VII

VIII

IX

A

B

C

A

B

C

A

B

C

1

H. Muchlas, S.Pd.I. Kepala Madrasah

6

Qur’an Hadits

2

2

2

2

Mar’an Bahasa Sunda

2

2

2

2

2

2

2

2

2

18

3

Asep Jamaludin, S.Pd. IPA

 4

4

4

12

4

Atang Iskandar, S.Pd.I. Fiqih

2

2

2

2

2

2

12

5

M.A. Saehudin, S.Pd. IPS

4

4

4

12

Pramuka

6

Drs. Asep Muh. Syafi’i Zaji Penjaskes

2

2

2

2

2

2

2

2

2

18

7

Drs. Engkus Kusnadi SKI

2

2

2

2

2

2

2

2

2

18

8

Agus Abdul Fatah, S.Pd.I. IPA

4

4

4

4

4

4

24

9

Aceng Dahlan Aswaja

2

2

2

2

2

2

2

2

2

24

Bahasa Arab

2

2

2

10

Aas Ahmad Hulasoh, S.Pd.I. Bahasa Arab

2

2

2

6

11

Yeni Masyrifah, S.Pd.I. Kesenian

2

2

2

2

2

2

2

2

2

18

12

Enden Neni Nurhayati, S.Pd.I. Bahasa Inggris

4

4

4

4

4

4

24

13

H. Yuyub Hasan Basari, S.Pd.I. Aqidah Akhlak

2

2

2

2

2

2

2

2

2

18

14

Dindin Sirojudin, S.Pd.I. IPS

4

4

4

4

4

4

24

15

Fitri Nurbani, S.Pd. Matematika

4

4

4

12

16

Widianingsih, S.Pd. Bahasa Indonesia

4

4

4

12

17

Elis Nia Rohania, S.Pd. Matematika

4

4

4

4

4

4

24

18

Abdul Majid TIK

2

2

2

2

2

2

2

2

2

18

19

Moh. Sarif Sopiandi, S.Pd.I. PKn

2

2

2

2

2

2

2

2

2

18

20

Entin Supriatiningsih, S.Pd. Bahasa Indonesia

4

4

4

12

21

Musta’in Zahruddin, S.Pd.I. BTQ dan Kitab Kuning

6

Bahasa Arab

2

2

2

22

Rina Popon Sopiah, S.Pd. Bahasa Indonesia

4

4

4

12

23

Pesa Fieka Trimustika, S.Pd. Bahasa Inggris

4

4

4

12

24

Atin Suhartini Qur’an Hadits

2

2

2

2

2

2

12

BTQ dan Kitab Kuning

25

Devi Novianti, S.Pd.I Fiqih

2

2

2

6

JUMLAH

42

42

42

42

42

42

42

42

42

378

4.        Tugas Tambahan

NO

TUGAS TAMBAHAN

NAMA GURU

KETERANGAN

1

Wakamad Asep Jamaludin, S.Pd. Bid. Kurikulum
Aas Ahmad Hulasoh, S.Pd.I Bid. Kesiswaan
Agus Abdul Fatah, S.Pd.I. Bid. Humas
Drs. Asep Muhammad SZ. Bid. Sarana Prasarana

2

BP / BK Drs. E. Kusnadi
Aceng Dahlan

3

Wali Kelas MA. Saehudin Kelas VII.A
Agus Abdul Fatah, S.Pd.I. Kelas VII.B
Abdul Majid Kelas VIII.A
Drs. E. Kusnadi Kelas VIII.B
Nenden Neni Nurhayati, S.Pd.I. Kelas IX.A
Aas Ahmad Hulasoh, S.Pd.I Kelas IX.B
Dindin Sirojudin, S.Pd.I. Kelas IX.C

4

Pembina Pramuka MA. Saehudin
Agus Abdul Fatah, S.Pd.I.
Dindin Sirojudin, S.Pd.I.
Abdul Majid

5

Piket Atang Senin, Rabu, Jum’at
Usep Saepuloh Senin, Rabu, Jum’at
Mar’an Selasa, Kamis, Sabtu
Aceng Dahlan Selasa, Kamis, Sabtu

6

Bendahara Madrasah Asep Jamaludin, S.Pd.

7

Petugas Perpustakaan Enden Neni Nurhayati, S.Pd.I. Kepala perpustakaan
Usep Saepuloh Pembantu Kep. Perpustakaan

8

Kultum Drs. Asep Muhammad SZ.
Drs. Engkus Kusnadi
Aceng Dahlan

9

Laboratorium Komputer H. Yuyub Hasan Basari, S.Pd.I. Kepala Lab. Komp.
Moh. Sarif Sopiandi, A.Md.Com. Pembantu
  1. Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru

No.

Jenis Pengembangan Kompetensi

Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme

Laki-laki

Jumlah

Perempuan

Jumlah

1. Penataran KBK/KTSP

4

1

5

3. Penataran Metode Pembelajaran (termasuk CTL)

1

1

2

4. Penataran PTK

1

1

2

5. Penataran Karya Tulis Ilmiah

1

1

2

6. Sertifikasi Profesi/Kompetensi

3

3

7. Penataran PBK

1

1

2

8. Penataran lainnya: …………..
  1. Prestasi guru

No.

Jenis lomba

Perolehan kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir

Tingkat

Jumlah Guru

1.

Lomba PTK Nasional
Provinsi
Kab/Kota

2.

Lomba Karya tulis Inovasi Pembelajaran Nasional
Provinsi
Kab/Kota

3.

Lomba Guru Berprestasi Nasional
Provinsi
Kab/Kota
  1. 2.                  TENAGA KEPENDIDIKAN 
  • Rani Yulia Purwanti, S.Pd.         : Kepala Tata Usaha
  • Deden Hermawan                      : Wakil Kepala Tata Usaha
  • Usep Saepuloh                          : Staf Tata Usaha
  • Atang                                        : Staf Tata Usaha
  • Jaenudin                                   : Penjaga

Kualifikasi Pendidikan

No.

Tenaga pendukung

Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannya

Jumlah tenaga pendukung Berdasarkan Status dan Jenis Kelamin

Jumlah

≤ SMP

SMA

D1

D2

D3

S1

PNS

Honorer

L

P

L

P

1.

Tata Usaha

3

1

3

1

4

2.

Perpustakaan

3.

Laboran lab. IPA

4.

Teknisi lab. Komputer

5.

Laboran lab. Bahasa

6.

PTD (Pend Tek. Dasar)

7.

Kantin

8.

Penjaga Sekolah

1

1

1

9.

Tukang Kebun

10.

Keamanan

11.

Lainnya: ……………….

Jumlah

1

3

1

4

1

5

 

  1. D.                 PESERTA DIDIK
    1.                                                                                                i.                                                       Jumlah siswa 4 (empat) tahun terakhir :

Tahun Ajaran

Jumlah Siswa

Jumlah Kelas dan Rombel (VII+VIII+IX)

VII

VIII

IX

2006/2007

97

103

63

263

Rombel

2

2

2

6

2007/2008

119

73

95

287

Rombel

3

2

2

7

2008/2009

119

116

68

303

Rombel

3

3

2

8

2009/2010

104

103

105

312

Rombel

3

3

3

9

2010/2011

140

104

96

340

Rombel

3

3

3

9

2011/2012

98

90

86

274

Rombel

3

3

3

9

  1.                    ii.                        Angka Kelulusan dan Melanjutkan

No.

Tahun Ajaran

Jumlah Kelulusan dan Kelanjutan Studi

Jumlah Peserta Ujian

Jumlah Lulus

% Kelulusan

% Lulusan yang Melanjutkan Pendidikan

% Lulusan yang TIDAK Melanjutkan Pendidikan

1.

2006 / 2007

63

63

100

50

50

2.

2007 / 2008

95

95

100

65

35

3.

2008 / 2009

68

68

100

70

30

4.

2009 / 2010

101

101

100

75

25

5.

2010/2011

91

91

100

52

48

6.

2011/2012

86

  1.                   iii.                        Jumlah dan prosentase siswa drop-out

No

Kelas

Jumlah dan prosentase siswa drop-out

2008/2009

2009/2010

2010/2011

2011/2012

1

VII

2

VIII

3

IX

Total (%)

  1.                   iv.                        Jumlah dan prosentase siswa yang TERANCAM drop-out

No

Kelas

Jumlah dan prosentase siswa terancam drop-out

2008/2009

2009/2010

2010/2011

2011/2012

1

VII

2

VIII

3

IX

Total (%)

  1.                    v.                        Alasan lulusan MTS tidak melanjutkan ke SMA/SMK/sederajat

No

Alasan tak melanjutkan

Urutan alasan dari yang paling utama dengan memberi nomor 1 s.d. 9*)

1. SMA/SMK/sederajat yang ada terlalu jauh/tak terjangkau

3

2. Tidak mampu membiayai

1

3. Transportasi sulit/mahal

2

4. Kondisi geografis (medansulit)

5

5. Daerahnya terpencil

6

6. Pendidikan dipandang kurang penting

7

7. Bekerja

4

8. Menikah

8

9. Lain-lain, sebutkan:
  1. E.                  ORANG TUA PESERTA DIDIK

 

  1. Pekerjaan orangtua/wali siswa

No.

Pekerjaan

Prosentase

1. PNS

2 %

2. TNI/POLRI

1 %

3. Petani / buruh

93%

4. Swasta

%

5. Nelayan

%

6. Politisi (misalnya anggota DPR)

%

7. Perangkat Desa

%

8. Pedagang

4 %

9.
  1. Penghasilan orangtua/wali (gabungan kedua orangtua) siswa

No.

Penghasilan

Prosentase

1. Kurang dari Rp.500.000,-

93%

2. Antara Rp.500.000,- s.d. Rp.1.000.000,-

4 %

3. Antara Rp.1.000.000,- s.d. Rp.1.500.000,-

%

4. Antara Rp.1.500.000,- s.d. Rp.2.000.000,-

3 %

5. Lebih dari Rp.2.000.000,-

%

  1.  Tingkat kesejahteraan orangtua/wali siswa

No.

Tingkat kesejahteraan

Prosentase

1. Pra sejahtera

93%

2. Sejahtera I

4 %

3. Sejahtera II

%

4. Purna sejahtera

3 %

  1. F.                  KERJASAMA     
  1. Guru PKH (Keterampilan) di MTS  yang bersangkutan

 

No

Nama lengkap (termasuk gelar)

Usia

Pendidikan

Status

Pengalaman kerja (tahun)

Gol.

Ket.

Tertinggi

Jurusan

PNS, GTT, dsb)

Guru mapel

1.

Deden Hermawan

38

MA

IPA

TU

Elektronika

18 jam

2.

 

 

  1. Narasumber PKH (Keterampilan) di sekitar MTs yang terjangkau

No

Nama lengkap (termasuk gelar)

Usia

Pendidikan

Peker-jaan

Bidang keahlian

Ketersedi-aan waktu

Ket.

Tertinggi

Jurusan

1.

  1. Mitra Pelaksanaan PKH

Mitra di sekitar sekolah yang dapat dilibatkan dalam pelaksanaan PKH (industri rumah tangga, pabrik, dsb.).

No

Nama mitra

Keterangan

  1. Alat (Penunjang) Pelaksanaan PKH (Keterampilan)

Sarana yang dapat (menunjang) pelaksanaan PKH (mesin jahit, alat masak, dsb.) yang sudah dimiliki oleh sekolah.

No

Nama Alat

Jumlah

Kondisi*)

Baik

Rusak ringan

Rusak sedang

Rusak berat

1

2

3

  1. Pengalaman Menyelenggarakan PKH

Jenis, jumlah peserta, dan hasil evaluasi penyelenggaraan PKH tersebut oleh Direktorat PSMP dan/atau lembaga lainnya, termasuk MTs yang bersangkutan.

No.

Jenis PKH

Dilaksanakan sejak tahun

Jumlah peserta

Hasil

evaluasi *)

Ket.

 

*) Hasil evaluasi dinyatakan dengan sebutan sangat baik, baik, cukup, kurang, buruk.

  1. G.                 PRESTASI SEKOLAH

Prestasi sekolah/siswa lima (5) tahun terakhir

  1. Prestasi Akademik: NUAN

No.

Tahun Pelajaran

Rata-rata NUAN

Bhs Indonesia

Matematika

Bahasa Inggris

IPA

Rata-rata empat mapel

1.

2007/2008

7,31

7,22

8,68

7,69

7,73

2.

2008/2009

8,84

9,11

9,19

9,03

9,04

3.

2009/2010

8,20

9,20

8,95

8,84

8,80

4.

2010/2011
  1. Prestasi Akademik: Peringkat rerata NUAN

No.

Tahun Pelajaran

Peringkat

Tingkat Kecamatan (Rayon)

Tingkat Kab/Kota

Tingkat Propinsi

Sek. Negeri

Sek. Swasta

Sek. Negeri dan Swasta

Sek. Negeri

Sek. Swasta

Sek. Negeri dan Swasta

Sek. Negeri

Sek. Swasta

Sek. Negeri dan Swasta

1.

2.

3.

  1. Prestasi Akademik: Nilai Ujian Sekolah (US)

No

Mata Pelajaran

Rata-rata NilaiUS

Tahun 2009/2010

Tahun 2010/2011

Tahun

1 Pendidikan Agama
2 Pendidikan Kewarganegaraan
3 Ilmu Pengetahuan Sosial
4 Kerajinan Tanga dan Kesenian
5 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
6 Bahasa Daerah
7 Ilmu Pengetahuan Alam
8 Teknologi Informasi dan Komunikasi
9
10
  1. Perolehan Kejuaraan/Prestasi Akademik: Lomba-lomba

No.

Nama Lomba

Tahun 2010/2011

Tahun 2011/2012

Juara ke:

Tingkat

Juara ke:

Tingkat

Kab /

Kota

Pro-

pinsi

Nasio nal

Kab/

Kota

Pro-pinsi

Nasio-nal

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

  1. Perolehan Kejuaraan/Prestasi Non Akademik

No.

Nama Lomba

Tahun 2005/2006

Tahun 2006/2007

Juara ke:

Tingkat

Juara ke:

Tingkat

Kab/

Kota

Pro-pinsi

Nasio-nal

Kab/

Kota

Pro-pinsi

Nasio-nal

1.

Cerdas Cermat Pramuka

1

2.

Lomba Baris Berbaris

2

3.

Lomba Bulu Tangkis

1

 

BAB V

PENUTUP

             Dengan mengucap puji dan syukur kepada Alloh SWT, bahwa atas perkenan-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Kurikulum MTs. Ma;arif II Malangbong ini.

Sebagaimana telah kami sampaikan di atas, bahwa tujuan pengembangan Kurikulum MTs. Ma’arif II Malangbong ini adalah terwujudnya kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di MTs. Ma’arif II Malangbong sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran, sehingga diharapkan pembelajaran yang diselenggarakan dapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk :

1.         belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Alloh SWT.

2.         belajar untuk memahami dan menghayati ilmu pengetahuan tentang Imtak dan Iptek,

3.         belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,

4.         belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain dalam kehidupan lokal dan global,

5.         belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Kurikulum MTs. Ma’arif II Malangbong yang kami susun ini telah kami upayakan untuk memenuhi tujuan pendidikan nasional serta disesuaikan dengan  kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik, dengan harapan kurikulum ini sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Namun walaupun kami telah berusaha sebaik mungkin, tentunya masih banyak sekali kekurangan dan kesalahan di dalamnya, oleh sebab itu kepada seluruh pihak yang paham dan peduli masalah pendidikan kami sangat mengharapkan kritik dan sarannya untuk perbaikan Kurikulum MTs. Ma’arif II Malangbong ini.

Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terutama Kepala Madrasah Tsanawiyah Ma’arif II Malangbong yang terhormat Bapak H. Muchlas, S.Pd.I., , Ketua Majelis Madrasah yang terhormat Bapak Opo Mustopa,  serta seluruh civitas akademica MTs. Ma’arif II Malangbong yang senantiasa memberikan dorongan, dukungan, serta bantuannya di dalam penyusunan kurikulum ini.

Mudah-mudahan dengan telah disusunnya kurikulum ini, pendidikan yang diselenggarakan di MTs. Ma’arif II Malangbong dapat semakin baik dan bermutu serta dapat memenuhi seluruh keinginan dan harapan semua pihak yang terkait dalam rangka melaksanakan ibadah kepada Alloh SWT serta dalam rangka ikut serta dalam proses dan kelanjutan pembangunan masyarakat dan negara kita tercinta Indonesia. Amiin.

Garut,     11 Juli 2011

Kepala Madrasah

  1. H.   Muchlas, S.Pd.I.

NIP. –

2 thoughts on “Kurikulum MTs. Ma’arif II Malangbong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s